Hagia Sophia

09 February 2024

Tips Atasi Asam Lambung Naik Secara Alami

Ilustrasi asam lambung. (Foto: iStock)

Asam lambung sebenarnya bukan nama penyakit, melainkan cairan asam yang normalnya memang ada pada semua orang dan diproduksi oleh lapisan lambung. Dikutip dari Healthline, asam lambung berwujud cairan encer tidak berwarna yang berfungsi untuk membantu memecah makanan agar lebih mudah dicerna. Jenis cairan asam yang diproduksi lambung tersebut adalah asam klorida (HCl).

Produksi cairan asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan seperti acid reflux maupun GERD (gastroesophageal reflux disease). Kondisi inilah yang oleh orang awam sering disebut penyakit asam lambung atau asam lambung naik.

Penyakit asam lambung dapat kambuh sewaktu-waktu. Bisa jadi karena faktor makanan, gaya hidup yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Bagi orang yang sering mengalami asam lambung kambuh, tentunya perlu mengetahui upaya penanganan yang bisa dilakukan, termasuk cara mengatasi asam lambung secara alami.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami

Cara mengatasi asam lambung naik secara alami tidaklah sulit. Bisa dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang dapat membantu menurunkan cairan asam lambung, ataupun dengan menghindari kebiasaan yang dapat memicu kekambuhan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi asam lambung naik yang bisa diterapkan sehari-hari.

1. Mengonsumsi Jahe
Jahe adalah salah satu bahan yang sering dimanfaatkan sebagai obat alami. Rimpang ini juga dapat membantu menyembuhkan asam lambung.

Pasalnya, jahe mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan fenolik, yang dapat mengurangi produksi cairan asam klorida serta meredakan peradangan di lambung. Selain dikonsumsi langsung, jahe juga diolah menjadi minuman atau dicampur ke masakan.

2. Mengonsumsi Daun Kemangi
Sayuran yang terkenal sebagai lalapan ini juga dapat membantu menyebuhkan asam lambung. Dikutip dari MedicineNet, daun kemangi dapat mendorong produksi lendir di dalam perut yang dapat meredakan gejala asam lambung. Untuk mendapatkan khasiat secara instan, bisa dengan mengunyah dua hingga tiga lembar daun kemangi, atau merebusnya dalam air untuk dikonsumsi sebagai teh.

3. Minum Jus Lidah Buaya
Lidah buaya biasanya dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menyehatkan rambut. Namun, tanaman ini juga bisa diramu untuk menyembuhkan asam lambung.

Khasiat tersebut berasal dari kandungan antioksidan yang ada pada lidah buaya. Selain membantu mengatasi gejala asam lambung, lidah buaya juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada jaringan kerongkongan dan lambung. Salah satu cara mengonsumsi lidah buaya untuk menyembuhkan asam lambung adalah dengan mengambil gelnya untuk diolah menjadi jus.

4. Mengonsumsi Teh Chamomile
Teh chamomile kaya akan zat antioksidan dan antiperadangan yang dapat membantu menyembuhkan asam lambung secara alami. Tak hanya itu, teh chamomile juga memiliki efek menenangkan yang dapat mengurangi stres dan ansietas, dua faktor pemicu penyakit asam lambung.

5. Makan dengan Perlahan
Selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, menyembuhkan asam lambung juga bisa dilakukan dengan menerapkan sejumlah kebiasaan. Salah satunya yakni makan secara perlahan.

Dikutip dari Eating Well, mengunyah makanan secara perlahan memberikan waktu bagi mulut untuk memproduksi enzim yang membantu proses memecah makanan. Selain itu, makan terlalu cepat dapat mengganggu mekanisme peristaltik yang mendorong makanan menuju saluran pencernaan, sehingga berpotensi memicu asam lambung naik.

6. Mengunyah Permen Karet
Percaya atau tidak, mengunyah permen karet ternyata juga bisa membantu meredakan gejala asam lambung. Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan membantu melawan asam di perut. Tapi perlu diingat, pilihlah permen karet yang bebas gula agar tidak merusak gigi.

7. Berhenti Merokok
Kebiasaan merokok dapat memicu asam lambung kambuh. Dikutip dari Medical News Today, merokok dapat membuat sfingter esofagus melemah. Sfingter esofagus adalah semacam otot yang bertugas untuk mencegah isi lambung mengalir ke kerongkongan.

Jika sfingter esofagus melemah, maka otot tersebut tidak bisa menutup secara sempurna. Akibatnya, cairan asam lambung dapat naik ke kerongkongan. Tak hanya itu, merokok juga dapat merangsang produksi asam klorida dalam lambung sehingga meningkatkan risiko asam lambung naik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami, Termasuk Minum Jus Lidah Buaya"