Hagia Sophia

09 February 2024

Penyanyi Country Legendaris, Toby Keith Meninggal Karena Kanker Lambung

Toby Keith. (Foto: Jack Plunkett/Invision/AP/Jack Plunkett)

Penyanyi country legendaris Toby Keith meninggal di usia 62 tahun. Dia meninggal setelah berjuang melawan kanker lambung (stomach cancer atau gastric cancer) yang diidapnya.

Pada Juni 2022, Keith mengumumkan di akun X-nya bahwa dia telah didiagnosis kanker lambung pada musim gugur 2021 dan telah menerima kemoterapi, radiasi, dan pembedahan.

Kematian Keith memicu seruan dari para dokter untuk memperhatikan tanda-tanda kanker lambung, termasuk mulas, refluks asam, anemia, mual, maag, nyeri setelah makan, penurunan berat badan secara tiba-tiba, atau rasa kenyang setelah makan dalam jumlah kecil.

"Banyak dari hal-hal ini yang relatif tidak berbahaya. Tapi tentu saja jika terkena kanker, itulah dampaknya," kata Dr Fabian Johnston, kepala divisi onkologi gastrointestinal di Johns Hopkins Medicine kepada NBC News.

Johnston mengatakan dokter dan pasien mungkin cenderung mengabaikan gejala seperti refluks asam lambung sebagai hal yang tidak berbahaya, sehingga dapat menunda diagnosis.

Saat gejalanya muncul, banyak yang sudah mengalami kanker stadium lanjut. Usia rata-rata saat didiagnosis adalah 68 tahun, dan pria memiliki risiko kanker lambung yang sedikit lebih tinggi.

Sama seperti jenis kanker pada umumnya, gejala kanker lambung tidak selalu menimbulkan keluham pada tahap awal. Jika terjadi, gejalanya mungkin berupa gangguan pencernaan dan nyeri di perut bagian atas.

Menurut Mayo Clinic, tanda dan gejala kanker lambung meliputi:
  • Kesulitan menelan
  • Sakit perut, gangguan pencernaan dan kembung setelah makan
  • Maag
  • Merasa kenyang setelah makan sedikit atau tidak merasa lapar seperti yang diharapkan
  • Mual dan muntah
  • Penurunan berat badan yang tidak terduga
  • Kelelahan
  • Kotoran berwarna hitam


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Toby Keith Meninggal karena Kanker Lambung, Kenali Gejala yang Harus Diwaspadai"