Hagia Sophia

09 February 2024

Misi NASA untuk Kembalikan Bebatuan ke Mars Terancam Batal

Robot Perseverance di Planet Mars. Foto: NASA

Misi NASA untuk mengembalikan sampel bebatuan Mars yang diambil oleh robot penjelajah Perseverance berada dalam masalah besar. Pemotongan anggaran memaksa Jet Propulsion Lab milik lembaga tersebut untuk PHK 530 karyawannya, yang mewakili sekitar delapan persen tenaga kerjanya, selain 40 kontraktor.

"Ini adalah penyesuaian menyakitkan namun perlu yang akan memungkinkan kita untuk mematuhi alokasi anggaran sambil melanjutkan pekerjaan penting kita untuk NASA dan negara kita," tulis direktur JPL Laurie Leshin mengenai PHK itu, seperti dikutip detikINET dari Futurism.

Ini adalah perkembangan kurang baik bagi misi Mars, di mana NASA sudah berjuang untuk meyakinkan anggota parlemen bahwa misi tersebut layak mendapat anggaran antara USD 8 miliar dan USD 11 miliar. Tetapi tahun lalu, dewan peninjau independen menolak keras anggaran misi Mars Sample Return (MSR) yang tidak realistis.

Padahal ilmuwan berpendapat MSR memiliki nilai ilmiah yang sangat besar dan memajukan upaya umat manusia untuk menyelidiki tanda-tanda kehidupan di Tata Surya. Dengan berkurangnya anggaran secara besar-besaran, misi ini menghadapi lebih banyak masalah dibanding sebelumnya dan para pemimpin NASA tampaknya sedang berusaha agar tidak gagal total.

Misi MSR, yang merupakan upaya bersama dengan Badan Antariksa Eropa, melibatkan pengambilan sampel yang dikumpulkan oleh penjelajah Perseverance NASA, lalu sampel tersebut akan diambil oleh pesawat ruang angkasa terpisah dan dikirim kembali ke Bumi sekitar tahun 2030-an. Setidaknya, itulah rencananya di atas kertas.

Sejak mendarat di Planet Merah pada Februari 2021, Perseverance telah mengantongi lebih dari dua lusin sampel batuan dan menyegelnya di dalam tabung, siap untuk dikirim kembali ke Bumi. Namun dengan PHK ini, JPL mungkin menyesuaikan dengan mengubah jadwal atau lainnya, untuk mengatasi jumlah karyawannya yang berkurang drastis.

PHK yang dilakukan NASA dimulai bulan lalu. JPL memecat 100 kontraktor dan menerapkan pembekuan perekrutan, yang menandai dimulainya upaya laboratorium tersebut untuk mengurangi ambisinya dalam misi MSR.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "NASA PHK Ratusan Karyawan, Misi di Mars Terancam"