Hagia Sophia

09 February 2024

Berbagai Makanan Ini Harus Dihindari Saat Hb Rendah

Ilustrasi anemia. Foto: Getty Images/iStockphoto/juststock

Menurut Very Well Health, hemoglobin (Hb) adalah protein kaya zat besi dalam darah merah yang membawa molekul oksigen. kekurangan hemoglobin bisa menjadi masalah bagi tubuh.

Beberapa efek yang terjadi adalah pusing, sulit konsentrasi, berkunang-kunang, hingga lemas. Bukan tidak mungkin, fungsi tubuh dapat terganggu karena kekurangan Hb.

Makanan yang Dihindari saat Hb Rendah

Kondisi hemoglobin rendah dalam sel darah merah disebut anemia. Gejala umum kondisi ini adalah kelelahan dan sakit kepala terus menerus. Jika mengalami gangguan ini, kamu harus menghindari makanan berikut

1. Makanan yang Mengandung Gluten
Makanan kaya akan gluten dapat memperburuk kondisi anemia. Mengutip Zanducare, makanan tersebut dapat merusak dinding usus dan menghambat penyerapan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Gangguan serapan zat besi berisiko menghentikan produksi sel darah merah yang sehat. Menurut Healthsite, gluten bisa ditemukan dalam pasta, produk gandum, barley, dan oat.

2. Makanan yang Mengandung Asam Oksalat
Jenis makanan yang mengandung asam oksalat bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Adapun makanan yang mengandung asam oksalat di antaranya adalah kacang tanah, peterseli, dan coklat.

3. Makanan dengan Kandungan Asam Fitat
Menurut PharmEasy, asam fitat bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan beras merah. Asam fitat mengikat zat besi yang ada di saluran pencernaan dan menghambat penyerapannya. Sehingga, penderita anemia disarankan untuk menghindari makanan ini.

4. Makanan yang Mengandung Kalsium
Mengkonsumsi produk makanan yang mengandung zat besi dan mencampurkannya dengan produk makanan mengandung kalsium bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Beberapa makanan atau minuman yang harus dihindari di antaranya yaitu susu, yoghurt, dan keju.

5. Makanan dengan Kandungan Tanin
Tanin merupakan zat alami yang berasal dari tumbuhan. Beberapa makanan yang mengandung tanin yaitu beri, delima, kacang-kacangan, beberapa rempah-rempah hingga teh dan kopi.

Zat ini mengikat molekul zat besi dan mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Akibatnya, zat besi tidak terserap seluruhnya oleh tubuh.

6. Makanan yang Mengandung Polifenol
Polifenol menghambat penyerapan zat besi. Zat ini bisa ditemukan dalam coklat, apel, rempah-rempah, kopi, dan kenari.

7. Alkohol
Alkohol dapat memperburuk kesehatan, sehingga perlu dihindari oleh orang yang memiliki Hb rendah. Mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan anemia yang dapat mempengaruhi produksi dan pematangan sel darah merah. Hal ini menyebabkan kelainan atau disfungsi sel.

Selain itu, alkohol juga mempengaruhi penyerapan nutrisi dari makanan. Dampaknya adalah tubuh yang kekurangan zat besi dan asam folat.

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari saat Hb rendah. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan delima. Sayur-sayuran seperti sawi, selada air, dandelion, hingga ikan dan daging, yang berdampak baik pada level Hb dalam tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Hb Rendah, Salah Satunya Coklat"