Hagia Sophia

04 July 2024

Berbagai Fakta Tentang Virus West Nile yang Serang Israel

Ilustrasi virus West Nile (Foto: Getty Images/loops7)

Virus West Nile disebarkan oleh nyamuk. Virus West Nile dapat menginfeksi manusia, burung, nyamuk, kuda, dan beberapa mamalia lainnya. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, virus dapat menyebar melalui darah yang ditransfusikan, organ yang ditransplantasikan, atau melalui plasenta ke janin.

Kali ini, virus tersebut muncul lagi dengan sebagian besar yang terdampak adalah warga di wilayah Sharon, dan dirawat di Meir Medical Center di Kfar Saba.

Berikut fakta-fakta penularan penyakit tersebut:

1. Puluhan orang dirawat di RS
Diberitakan Jerussalem Post, lima orang yang positif virus West Nile meninggal dunia. Dari 100 orang yang terinfeksi, 25 pasien demam West Nile dirawat di rumah sakit, dua di antaranya dalam kondisi serius memakai ventilator dan diberi anestesi. Pasien tambahan dirawat di Rumah Sakit Ichilov di Tel Aviv.

Penyakit ini mematikan karena kebanyakan orang yang terinfeksi virus West Nile tidak menunjukkan gejala. Mereka tidak akan tahu bahwa mereka tertular.

2. Komplikasi serius virus West Nile
Dalam kasus yang langka, seseorang yang mengalami infeksi West Nile dapat mengalami komplikasi serius. Kejadian itu berkisar satu dari 150 orang. Gejala yang dialami adalah sakit kepala, leher kaku, kejang, kehilangan, penglihatan, kelumpuhan, koma, bahkan kematian.

Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini. Berbagai upaya dilakukan untuk memberikan infus antibodi intravena yang disebut IVIG dan obat interferon, yang dapat memperkuat kemampuan sistem imun untuk menghilangkan penyebaran virus dalam tubuh.

3. Perjalanan virus West Nile di Israel
Virus West Nile telah menyebar luas di Israel selama bertahun-tahun dan cenderung muncul dalam gelombang puncak di musim panas, menurut data Kementerian Kesehatan.

Dokumentasi pertama demam West Nile sebagai wabah tercatat di Israel pada tahun 1950-1954 dan pada tahun 1957 wabah kedua tercatat.

Pada tahun tujuh puluhan dan delapan puluhan, peningkatan aktivitas virus kembali tercatat. Pada tahun 1997, penyakit ini didiagnosis pada unggas.

Pada tahun 2000, terjadi wabah di Israel dengan lebih dari 400 kasus penyakit tersebut. Sejak tahun 2001 hingga saat ini, puluhan kasus telah didiagnosis setiap tahunnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fakta-fakta Virus Mematikan West Nile yang Serang Israel, Banyak Warga Masuk RS"