Hagia Sophia

04 July 2024

Berbagai Manfaat Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi teh daun kelor. Foto: Getty Images/didoi

Daun kelor merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak khasiat. Sebagai informasi, tanaman asal India ini dapat tumbuh dengan cepat, berumur panjang, serta tahan di cuaca panas yang ekstrim.

Saat ini, banyak masyarakat yang memanfaatkan daun kelor untuk kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Umumnya, daun kelor dikonsumsi dengan cara direbus, lalu air rebusannya diminum selagi hangat.

Lantas, apa saja manfaat rebusan daun kelor bagi tubuh? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mengutip laman Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian, berikut kandungan nutrisi pada daun kelor:
  • Protein (19-29%)
  • Serat (16-24%)
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin B (kolin)
  • Vitamin B1 (thiamine)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Sulfur
  • Asam oksalat.

Manfaat Rebusan Daun Kelor bagi Tubuh

Daun kelor memiliki sejumlah khasiat bagi tubuh. Maka dari itu, tumbuhan ini banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Daripada penasaran, berikut manfaat rebusan daun kelor untuk tubuh:

1. Menurunkan Kolesterol
Manfaat yang pertama adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Soalnya, daun kelor mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar lemak, mengurangi pembentukan plak aterosklerotik di dinding, serta meningkatkan jumlah kolesterol baik di tubuh.

2. Mengatasi Asam Urat
Bagi penderita asam urat, disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan daun kelor. Sebab, kandungan flavonoid, tanin, dan alkaloid dalam daun kelor mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Selain itu, sifat antiinflamasi pada daun kelor juga dapat mengatasi nyeri, pegal linu, hingga rematik. Cocok untuk orang-orang yang badannya mudah terasa pegal.

3. Mencegah Gangguan Ginjal
Masalah pada ginjal bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Nah, salah satu cara untuk mencegah gangguan di ginjal adalah dengan mengkonsumsi daun kelor.

Perlu diketahui, daun kelor mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu ginjal agar tetap sehat sekaligus berfungsi dengan baik.

4. Meminimalisir Diabetes
Banyak orang yang tak sadar jika kadar gula dalam darah sudah tinggi. Jika tidak segera ditangani, hal tersebut berisiko menyebabkan penyakit diabetes.

Selain menerapkan pola hidup sehat, salah satu cara meminimalisir diabetes adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun kelor. Sebab, kandungan senyawa flavonoid pada daun kelor dipercaya dapat mencegah diabetes.

5. Menjaga Fungsi Jantung Tetap Baik
Mengutip HealthifyMe, mengkonsumsi daun kelor secara rutin ternyata dapat menjaga kesehatan jantung.

Lewat sejumlah penelitian, daun kelor ternyata mampu mengontrol lipid darah dan mencegah pembentukan plak di arteri, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Mencegah Radikal Bebas
Manfaat daun kelor berikutnya adalah dapat melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan pada daun kelor.

Sedikit informasi, radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

7. Menjaga Fungsi Hati
Selain jantung, daun kelor juga dipercaya dapat menjaga fungsi hati tetap baik. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat mempercepat perbaikan sel hati dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif pada hati.

Misalnya, mengkonsumsi daun kelor bagi penderita tuberkulosis dapat mengurangi efek negatif dari obat anti-tuberkulosis.

8. Mengobat Edema
Dikutip dari Medical News Today, daun kelor diyakini dapat mengobat edema. Bagi yang belum tahu, edema adalah kondisi ketika terjadi penumpukan cairan dalam jaringan tubuh, biasanya terdapat di kaki atau tangan. Sifat antiinflamasi dalam daun kelor juga dipercaya dapat mengobati edema.

9. Mencegah Risiko Kanker
Daun kelor mengandung senyawa antikanker, yakni glukosinolat, niazimicin, dan benzil isotiosianat. Beberapa studi menunjukkan, senyawa benzil isotiosianat dapat membunuh spesies oksigen reaktif (ROS) intraseluler.

Senyawa tersebut yang membuat daun kelor sangat baik dikonsumsi untuk mencegah risiko kanker. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

10. Menjaga Kesehatan Prostat
Daun kelor mengandung belerang atau glukosinolat yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Tak hanya itu, ekstrak daun kelor juga dapat mengurangi kadar antigen spesifik prostat, yakni protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat.

11. Menurunkan Berat Badan
Memiliki berat badan berlebih tentu tidak baik untuk kesehatan. Selain dengan berolahraga, disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun kelor agar berat badan bisa turun.

Soalnya, daun kelor diyakini dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak di tubuh. Tapi, imbangi juga dengan menjaga pola makan sehat, tidur teratur, dan minimal olahraga dua kali dalam seminggu.

12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi (hipertensi) jika tidak segera ditangani maka berisiko menyebabkan penyakit komplikasi, seperti jantung, ginjal, hingga stroke. Untuk mencegah hipertensi, kamu bisa mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

Sebab, kandungan thiocarbamate, glikosida, dan nitrile di dalam daun kelor dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga tumbuhan ini cocok dikonsumsi bagi kamu yang mengidap hipertensi.

Cara Merebus Daun Kelor dengan Benar

Merebus daun kelor tidak bisa sembarangan. Sebab, dikhawatirkan kandungan nutrisi pada daun kelor justru menghilang karena direbus dalam waktu terlalu lama.

Mengutip buku Seri Herba Nusantara Herbal Jawa oleh Ibunda Suparni, dkk, berikut cara merebus daun kelor dengan benar:
  1. Ambil sekitar 50 gram daun kelor, cuci hingga bersih
  2. Kemudian rebus daun kelor sampai mendidih
  3. Jika sudah, saring rebusan daun kelor dengan saringan
  4. Tambahkan madu jika ingin memberikan rasa manis
  5. Setelah itu aduk hingga merat
  6. Minum rebusan daun kelor selagi hangat.
Agar bisa merasakan khasiatnya, disarankan meminum rebusan daun kelor setiap pagi dan malam hari.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Manfaat Rebusan Daun Kelor bagi Tubuh, Cegah Berbagai Penyakit"