Hagia Sophia

04 July 2024

Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi serta Mengenal Penyebabnya

Ilustrasi cek darah untuk mengetahui kadar trigliserida. Foto: Shutterstock

Trigliserida adalah lemak dalam darah yang menyediakan energi bagi tubuh. Lipid ini didapatkan dari makanan dan kalori ekstra yang dikonsumsi. Trigliserida sebetulnya termasuk jenis lemak yang penting.

Namun, kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung. Lantas, apa penyebab trigliserida tinggi? Dan bagaimana cara menstabilkannya?

Penyebab Trigliserida Tinggi

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan kadar trigliserida tinggi dalam darah. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa di antaranya:

1. Pola Makan
Tubuh memperoleh trigliserida dari makanan seperti minyak dan mentega. Juga didapat dari kandungan lemak pada makanan yang dikonsumsi.

Pola makan tinggi gula, karbohidrat, dan lemak jenuh merupakan salah satu penyebab tingginya trigliserida. Minum terlalu banyak alkohol juga meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Di samping itu, konsumsi alkohol menaikkan jumlah protein hati lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL) dalam tubuh. Ketika memiliki terlalu banyak VLDL maka tubuh lebih sulit membakar lemak.

2. Kurang Berolahraga
Sebagian trigliserida lain didapatkan dari kalori ekstra yang dikonsumsi lebih dari yang dibutuhkan. Dengan berolahraga, kelebihan kalori akan terbakar dan mencegahnya diubah menjadi trigliserida.

Olahraga juga bisa meningkatkan produksi lipoprotein lipase yaitu enzim yang bantu menghilangkan trigliserida dalam darah. Namun jika malas atau kurang olahraga, trigliserida akan menumpuk dalam darah hingga kadarnya terus meningkat.

3. Kebiasaan Merokok
Asap rokok mengandung senyawa beracun yang dapat meningkatkan kadar trigliserida. Kebiasaan merokok membuat tubuh memproduksi trigliserida secara berlebihan.

Di sisi lain, merokok juga menurunkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol 'baik' yang membuat tubuh lebih sulit melawan penumpukan plak arteri. Di sisi lain

4. Kondisi Kesehatan Tertentu
Sejumlah kondisi medis yang dialami menyebabkan kadar trigliserida tinggi. Di antaranya diabetes, obesitas, penyakit hati, tiroid, ginjal kronis, dan kondisi autoimun.

Diabetes meningkatkan kadar trigliserida karena resistensi insulin yang dapat menyebabkan penumpukan dalam aliran darah. Resisten insulin pada obesitas juga membuat tubuh sulit membakar lemak dan menggunakan energi dari kalori.

Ginjal yang rusak membuat produksi trigliserida naik dan menurunkan kemampuan tubuh dalam membersihkannya dari darah. Penyakit hati seperti sirosis dan hepatitis juga mempengaruhi kemampuan hati dalam membersihkan trigliserida dan justru meningkatkan produksinya.

5. Obat-obatan Tertentu
Penggunaan obat-obatan tertentu juga memungkinkan tingginya kadar trigliserida. Beberapa obat yang dikaitkan dengan peningkatan trigliserida:
  • Diuretik dan beta blocker untuk mengobati tekanan darah tinggi
  • Estrogen dalam pil KB dan terapi penggantian hormon
  • Retinoid dalam pengobatan jerawat
  • Kortikosteroid untuk mengurangi peradangan
  • Antiretroviral untuk mengobati HIV
  • Antipsikotik dalam pengobatan gangguan bipolar dan skizofrenia.
6. Genetik
Cara tubuh membuat dan mengelola trigliserida bisa bersifat genetik. Kondisi genetik tertentu seperti kilomikronemia dan disbetalipoproteinemia familial dapat membuat tubuh sulit memecah lemak dan mengontrol kadar trigliserida.

Ciri-ciri Trigliserida Tinggi

Trigliserida tinggi artinya kadar senyawa tersebut dalam darah terlalu banyak. Umumnya trigliserida tinggi tidak menimbulkan gejala apa pun, hingga terjadi berbagai penyakit noninfeksius.

Kadar trigliserida normalnya di bawah 150 mg/dL (miligram per desiliter) untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja usia 10-19 tahun adalah kurang dari 90 mg/dL.

Trigliserida disebut tinggi ringan jika berada antara 150-199 mg/dL. Disebut tinggi sedang jika hasilnya antara 200-499 mg/dL. Bila lebih dari 500 mg/dL maka termasuk trigliserida tinggi berat atau parah.

Cara Menurunkan Trigliserida yang Tinggi

Kadar trigliserida tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh. Kondisi ini mengakibatkan pembuluh darah arteri mengeras dan kaku yang disebut arteriosklerosis. Dampak lainnya adalah peningkatan risiko stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

Karena itu, detikers wajib waspada jika kadar trigliserida termasuk tinggi. Berikut cara menurunkan trigliserida tinggi:
  • Hindari makanan tinggi gula dan karbohidrat
  • Kurangi konsumsi lemak jenuh
  • Batasi minum alkohol
  • Kurangi asupan kalori
  • Berhenti merokok
  • Rajin berolahraga, setidaknya 30 menit setiap hari
  • Konsumsi makanan yang menyehatkan dan bergizi seimbang
  • Pertahankan berat badan sehat
  • Kelola stres dengan baik
  • Tidur yang cukup dan berkualitas.
Beberapa orang mungkin perlu juga mengkonsumsi obat-obatan untuk mengontrol dan menurunkan kadar trigliserida. Obat-obatan yang diresepkan dapat berupa:
  • Fibrat
  • Statin
  • Ezetimibe
  • Suplemen asam lemak omega-3
  • Suplemen niacin.
Itu tadi penyebab trigliserida tinggi dan cara menurunkannya. Mari kontrol kadar trigliserida dalam darah agar risiko kesehatan yang lebih serius dapat dicegah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Penyebab Trigliserida Tinggi dan Cara Menurunkannya"