Hagia Sophia

04 July 2024

Demiral, Bek Turki yang Cetak 2 Gol di Euro 2024

Merih Demiral bikin catatan langka usai mencetak dua gol (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Merih Demiral jadi pahlawan kemenangan Turki atas Austria. Catatan langka dibuat Demiral usai mencetak dua gol.

Belum genap semenit laga Austria Vs Turki di Babak 16 Besar Euro 2024, Rabu (3/7/2024) dini WIB, berjalan, Demiral sudah menjebol jala Austria dari sebuah kemelut di kotak penalti menyusul korner Arda Guler.

Tak cukup satu gol, Demiral menambah lagi di menit ke-59 lewat tandukan dari sepak pojok Guler. Austria cuma bisa memperkecil skor lewat Michael Gregoritsch.

Turki yang menang 2-1 akhirnya lolos ke perempatfinal untuk bertemu Belanda akhir pekan ini. Sejarah dibuat Turki karena ini jadi kali pertama mereka menang di waktu normal sepanjang sejarah Euro.

Demiral juga punya catatan apik ketika mencetak gol tercepat sepanjang sejarah fase gugur Piala Eropa. Bahkan Demiral jadi bek pertama setelah Lilian Thuram yang bisa bikin dua gol di fase gugur ajang Piala Dunia/Piala Eropa.

Kali terakhir Thuram melakukannya di semifinal Piala Dunia 1998 saat Prancis mengalahkan Kroasia 2-1. Memang masih ada John Stones yang bikin dua gol saat Inggris mengalahkan Panama 6-0, tapi itu dilakukan di fase grup Piala Dunia 2018.

Di laga Austria vs Turki juga membuahkan catatan langka berupa laga pertama di Euro sejak 1980 yang seluruh golnya dibuat lewat bola mati.

"Saya berterima kasih kepada Selcuk Sahin, asisten pelatih kami. Dia menunjukkan titik lemah Austria dan kami menggunakan itu sebagai senjata saat dapat sepak pojok," ujar Demiral di situs resmi UEFA.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Jarang-jarang Bek Bikin 2 Gol di Ajang Besar: Demiral Terbaru"