Hagia Sophia

26 April 2024

Bagaimanakah Posisi Tidur yang Baik untuk Jantung?

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/tonefotografia)

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang penting untuk mendukung kesehatan. Biasanya, tidur yang baik dinilai dari waktu dan kualitasnya.

Meski begitu, posisi tidur ternyata juga menjadi salah satu aspek yang tak kalah penting loh. Bahkan, sejumlah posisi tidur diyakini dapat memberikan manfaat lebih besar bagi anggota tubuh tertentu.

Misalnya, tidur telentang dengan bantal di bawah punggung dapat membantu mengatasi sakit punggung. Di sisi lain, tidur miring dapat membantu mengatasi sleep apnea, tapi juga berisiko untuk tulang belakang.

Begitu pula dengan jantung. Sejumlah studi menemukan posisi tidur yang baik untuk jantung adalah yang tidak memberikan tekanan dan mengganggu sirkulasi darah.

Posisi Tidur yang Baik untuk Jantung

Dikutip dari Healthline, beberapa studi menyimpulkan tidur dengan miring ke kanan adalah posisi tidur yang baik untuk jantung.

Sebuah studi yang dilakukan pada 1997 menemukan bahwa tidur dengan miring ke kiri dapat menyebabkan perubahan pada aktivitas kelistrikan jantung. Hal ini disebabkan oleh efek gravitasi yang 'menarik' jantung saat seseorang tidur miring ke kiri.

Di sisi lain, perubahan aktivitas kelistrikan jantung tidak terjadi pada orang yang tidur miring ke kanan. Sebab saat miring ke kanan, jaringan dan struktur di sekitar jantung menahan agar organ tersebut tetap pada tempatnya. Alhasil, sistem kelistrikan jantung tidak terganggu.

Apakah Tidur Telentang Aman untuk Jantung?

Secara umum, tidur telentang tidak menimbulkan dampak buruk untuk jantung. Tapi lain ceritanya jika seseorang mengidap penyakit jantung atau gagal jantung kronis.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 mengungkapkan tidur telentang dapat mengganggu sirkulasi darah dan oksigen. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Selain itu, tidur telentang juga bisa memperburuk gejala penyakit jantung, seperti mendengkur dan sleep apnea. Karenanya, orang yang memiliki penyakit jantung, masalah tidur, dan pernapasan sebaiknya menghindari tidur dengan posisi telentang.

Tips Tidur yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain memerhatikan posisi tidur yang baik untuk jantung, Anda juga bisa meningkatkan kualitas tidur dengan menerapkan hal-hal berikut:

Tidur di jam yang teratur
Tidur di jam yang sama setiap malam dapat meningkatkan kualitas tidur.

Menggunakan pakaian yang nyaman
Pakaian yang nyaman dapat memberikan sinyal ke otak bahwa sudah saatnya untuk tidur.

Jauhkan gadget dari kamar tidur
Gadget dan peralatan elektronik lain dapat mengganggu aktivitas hormon yang mengatur tidur.

Berolahraga di siang hari
Melakukan aktivitas fisik dapat membuat tubuh lebih mudah terlelap di malam hari.

Jangan minum air berlebihan
Terlalu banyak mengonsumsi air putih sebelum tidur dapat memicu keinginan buang air kecil, yang mana mengganggu waktu dan kualitas tidur.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Posisi Tidur yang Baik untuk Jantung, Mending Miring atau Telentang?"