Hagia Sophia

26 April 2024

Berbagai Obat Sakit Gigi Alami untuk Ibu Hamil

Ilustrasi sakit gigi. Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik

Sakit gigi merupakan suatu kondisi ketika muncul rasa nyeri di bagian dalam atau sekitar gigi. Rasa nyeri yang muncul cukup beragam, bisa ringan hingga parah.

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak kecil, orang dewasa, hingga ibu hamil. Jika tidak segera diobati, sakit gigi bisa mengganggu seluruh aktivitas sehari-hari.

Khususnya bagi ibu hamil, jangan anggap remeh ketika mengalami sakit gigi. Sebab, ada sejumlah hal yang menyebabkan masalah pada gigi dan gusi sehingga menimbulkan rasa sakit.

Tapi jangan khawatir, ada sejumlah obat sakit gigi alami yang aman bagi ibu hamil. Apa saja obat herbal tersebut? Simak dalam artikel ini.

Penyebab Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Mengutip laman Crest, umumnya ibu hamil dapat mengalami sakit gigi karena kadar hormon yang meningkat. Selain itu, ada sejumlah penyebab lain munculnya sakit gigi, yaitu:

1. Morning Sickness
Pada trimester awal kehamilan, ibu hamil sering mengalami morning sickness dengan muncul gejala mual dan muntah. Kondisi ini bisa menjadi salah satu munculnya masalah pada gigi, sebab asam lambung yang masuk ke mulut berisiko menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi.

2. Gangguan Hormon
Karena perubahan hormon, sebagian besar ibu hamil lebih rentan tertular radang gusi selama masa kehamilan. Hal ini menyebabkan gusi terasa nyeri dan lunak sehingga bisa menimbulkan masalah pada gigi di kemudian hari.

3. Penumpukan Plak
Respon alami tubuh dalam melawan plak berfluktuasi selama masa kehamilan. Umumnya, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon.

Jika tak segera ditangani, plak akan terus menumpuk dan akhirnya mengeras menjadi karang gigi. Kondisi itu dapat meningkatkan kerusakan dan sakit gigi.

Obat Sakit Gigi Alami untuk Ibu Hamil

Sebenarnya, ada sejumlah obat untuk mengatasi sakit gigi yang dijual di apotek. Tapi jika detikers khawatir akan efek sampingnya, disarankan untuk menggunakan obat herbal.

Mengutip laman Parenting Firstcry, berikut sejumlah obat sakit gigi alami untuk ibu hamil:

1. Cengkeh
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan cengkeh. Sebab, cengkeh merupakan antiseptik alami yang dapat mengatasi masalah gigi secara efektif. Selain itu, cengkih juga dapat menghilangkan infeksi bakteri di mulut.

Cara pakainya, kamu bisa mengunyah cengkeh secara perlahan atau menggosok minyak cengkeh di gigi dan gusi yang sakit.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antijamur yang dapat mengatasi pertumbuhan bakteri, mengurangi peradangan, serta mengurangi pembengkakan gusi pada ibu hamil.

Untuk cara pakainya, ambil sedikit gel lidah buaya lalu oleskan di area gusi atau gigi yang sakit. Kemudian pijat secara perlahan menggunakan jari untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

3. Soda Kue
Selain digunakan untuk bahan makanan, soda kue atau baking soda juga bisa dipakai untuk mengatasi sakit gigi. sebab, soda kue dapat menetralisir berbagai asam yang menyebabkan infeksi gusi di mulut.

Cara pakainya juga sederhana, cukup dengan mengoleskan sedikit bubuk soda kue pada sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air, kemudian sikatlah gigi secara perlahan.

4. Kunyit
Obat alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kunyit. Soalnya, kunyit mengandung kurkumin yang efektif melawan infeksi dan peradangan di gusi.

Untuk penggunaannya, cukup campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, setengah sendok teh minyak mustard, dan garam secukupnya untuk membuat pasta. Lalu, pakai pasta tersebut dengan cara mengolesnya ke gigi atau gusi yang sakit secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan sebanyak dua kali sehari.

5. Tea Tree Oil
Tea tree oil memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya meredakan sakit gigi. Hal ini karena tea tree oil bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat meredakan radang gusi.

Cara pakainya juga sederhana, cukup tuangkan 1-2 tetes tea tree oil ke dalam gelas berisi air, setelah itu kumur-kumur selama 10-15 detik dan buang. Cara ini juga dapat membunuh mikroorganisme yang menjadi penyebab infeksi pada gusi.

6. Bawang Putih
Bawang putih bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk meredakan sakit gigi. Memang, bawang putih mentah dapat memberikan sensasi yang tidak enak di mulut, namun dapat membantu mengurangi rasa sakit secara signifikan.

Sebab bawang putih mengandung allicin, yaitu antibiotik alami yang membantu mengatasi bakteri di sekitar gigi dan gusi yang meradang.

7. Air Garam
Berkumur dengan air garam diyakini dapat mengatasi masalah sakit gigi. Cara pakainya juga gampang, cukup tuangkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk sampai merata. Setelah itu, berkumur dengan air garam selama 20 detik dan buang setelahnya.

8. Susu
Susu mengandung vitamin K dan kalsium tinggi yang dapat membantu memperkuat gusi sekaligus menghentikan pendarahan. Susu juga dapat meredakan peradangan pada gusi yang menimbulkan efek tidak nyaman.

Minumlah secangkir susu hangat sebanyak 1-2 kali sehari atau ketika gusi berdarah. Namun, pastikan menyikat gigi dengan bersih setelah minum susu. Cara tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya plak.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Obat Sakit Gigi Alami untuk Ibu Hamil, Bisa Pakai Kunyit-Cengkeh"