Hagia Sophia

28 March 2023

Tips Diet di Bulan Puasa Tanpa Perlu Olahraga

Ilustrasi diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt)

Bulan puasa kerap kali dijadikan ajang untuk menurunkan berat badan. Menahan lapar selama puasa, bagi beberapa orang, dianggap dapat membantu mensukseskan upaya untuk diet. Cara-cara diet di bulan puasa tanpa olahraga pun banyak dicari sebab beberapa orang memilih untuk tidak berolahraga saat puasa.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan di bulan puasa, penting untuk memperhatikan pola makan, terutama jika memilih untuk tidak berolahraga. Meskipun memang, diet ideal adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga, tetapi tak perlu khawatir beberapa cara berikut ini dapat dicoba jika ingin menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Cara Diet di Bulan Puasa Tanpa Olahraga

Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa cara cara diet di bulan puasa tanpa olahraga

1. Kunyah secara menyeluruh dan pelan
Otak memerlukan waktu untuk memproses bahwa seseorang sudah cukup makan. Mengunyah makanan secara menyeluruh dapat membuat seseorang makan lebih lambat yang nantinya akan berhubungan dengan penurunan asupan makan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil.

Seberapa cepat seseorang menghabiskan makanan juga dapat mempengaruhi berat badan. terdapat 23 studi observasi yang melaporkan bahwa pemakan yang lebih cepat cenderung lebih cepat menambah berat badang dibanding pemakan yang lebih lambat.

2. Gunakan piring kecil
Piring yang besar dapat menyebabkan penambahan berat badan karena jumlah porsi makan yang lebih banyak. Maka dari itu, menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih besar. Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat sajian lebih kecil yang membuat seseorang makan lebih banyak.

3. Makan makanan kaya serat
Makan makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Ini dapat bermanfaat pula untuk mengurangi rasa lapar selama puasa. Makanan nabati, seperti kacang-kacangan, sereal oat, kubis brussel, asparagus, jeruk, dan biji rami diketahui memiliki serat kental yang dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Minum air dengan cukup
Berpuasa bukan berarti melupakan minum air putih. Pasalnya, minum air dapat membantu seseorang makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika diminum sebelum makan. Studi menemukan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

5. Makan tanpa gangguan elektronik
Memperhatikan apa yang dimakan dapat membantu untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori. Orang yang makan sambil menonton TV atau bermain game mungkin tidak sadar berapa banyak makanan yang telah dimakan. Ini pada akhirnya dapat menimbulkan makan berlebih.

6. Tidur cukup dan hindari stres
Banyak orang yang sering mengabaikan tidur dan stres. Faktanya, kedua hal ini memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan. Hormon lain, kortisol, meningkat saat stres. Fluktuasi hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Terlebih lagi, kurang tidur dan stres kronis dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas.

7. Kurangi minuman manis
Minuman manis menjadi suatu hal yang pasti ditemui saat bulan puasa. Namun, jika ingin menurunkan berat badan, ada baiknya mengurangi minuman manis. Kalori berlebih sangat mudah ditemukan dalam minuman manis. Minuman sehat untuk dikonsumsi adalah air putih, kopi tanpa gula, dan teh hijau.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Diet di Bulan Puasa Tanpa Olahraga, Mudah Dilakukan dan Nggak Nyiksa"