Hagia Sophia

28 March 2023

Ini Saran Pakar Agar Kuat Nahan Haus Saat Puasa

Ahli menyarankan untuk menjaga massa otot agar bisa kuat menahan haus saat berpuasa. (Foto: Getty Images/svetikd)

Belakangan tren menggunakan oralit saat sahur ramai diperbincangkan. Gegernya hal ini sampai membuat persediaan oralit di beberapa apotek habis. Oralit disebut-disebut dapat membantu menahan rasa haus selama berpuasa.

Padahal, tanpa menggunakan oralit pun tubuh dapat menjaga cairan di dalam tubuh. Hal ini dijelaskan oleh Dr Rita Ramayulis, DCN, M Kes, nutrisionis di RS Royal Progress.

"Sebenarnya tubuh kita, dalam kondisi normal itu bisa menahan air dengan baik. Nah yang menahan cairan kita adalah natrium dan massa otot. Untuk natrium sendiri kalau kita tidak mengalami keringat yang banyak, tidak mengalami diare, dan tidak berkondisi dehidrasi akut, berarti natrium kita cukup dong untuk menahan air," ujarnya dalam siaran detikPagi, Senin (27/3/2023).

Cukup dengan menjaga pola makan dan menjaga massa otot, tubuh dengan sendirinya dapat menahan cairan-cairan di dalam tubuh.

"Jadi dengan mengonsumsi cairan saja, mengonsumsi kuah sayur, buah-buahan yang mengandung air itu sudah cukup untuk merehidrasi tubuh kita. Tidak memerlukan minuman-minuman khusus untuk itu," ungkap Ketua Indonesian Sport Nutritionist Association (ISNA) ini.

"Sebenarnya kalau saya pikir yang kita pentingkan justru adalah massa otot kita masih bagus atau enggak? Jadi kalau pun kita berisiko dehidrasi setelah menahan, itu sangat ditentukan oleh massa otot, dalam kondisi normal bukan oleh natrium karena kita tidak kondisi dehidrasi," lanjutnya.

Massa otot dalam hal ini mengacu pada jumlah jaringan otot lunak dalam tubuh. Komponen tubuh utama lainnya termasuk lemak, tulang, dan air. Massa otot ini dapat dijaga dan diperkuat dengan melakukan beberapa olahraga, seperti angkat beban, push up, dan squat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ingin Kuat Menahan Haus Saat Puasa? Saran Ahli: Jaga Massa Otot!"