Hagia Sophia

30 October 2023

Berikut Kadar Kolesterol Normal Pria dan Wanita Dewasa

Ilustrasi kolesterol, berapa kadar yang dikatakan normal? Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars

Kolesterol adalah lemak yang terdapat pada aliran darah dan sel-sel tubuh. Dikutip dari repository Poltekkes Denpasar, kolesterol memiliki peran penting dalam pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon.

Meski diperlukan, jika kadar berlebihan maka akan menyebabkan penyakit serius seperti jantung koroner atau stroke. Lalu berapa kadar kolesterol normal dalam tubuh? Yuk simak penjelasannya.

Kadar Kolesterol Normal Pria dan Wanita

Kementerian Kesehatan dalam situsnya tidak membedakan kadar kolesterol normal pria dan wanita. Standar ini bisa digunakan pada pria dan wanita dewasa. Berikut kandungan kolesterol yang dianggap normal dan tinggi
  • Kadar kolesterol normal: < 200 mg/dl
  • Kadar kolesterol batas tinggi: 200-239 mg/dl
  • Kadar kolesterol tinggi: > 240 mg/dl.
Sekitar 80 persen kolesterol dibuat secara alami di dalam tubuh, sedangkan 20 persen sisanya diproduksi menggunakan bahan-bahan yang dikonsumsi. Artinya, kadar kolesterol dalam tubuh berisiko naik.

Kadar kolesterol normal dalam tubuh harus dijaga sebaik-baiknya agar tidak naik. Jika kadar kolesterol naik, maka terjadi peningkatan risiko penyakit tidak menular. Misalnya Penyakit Jantung Koroner (PJK), stroke, dan peredaran darah yang buruk.

Apakah Kadar Kolesterol 195 dan 250 Normal?

Kadar kolesterol normal dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl. Namun angka tersebut jangan sampai menyentuh 120 mg/dl yang mengindikasikan kadar kolesterol terlalu rendah. Dikutip dari Web MD, kondisi tersebut berkaitan dengan risiko terjadinya gangguan kecemasan dan depresi.

Total kolesterol 195 mg/dl mungkin masih bisa dikatakan normal. Namun berbeda dengan kadar 250 mg/dl yang mengindikasikan kolesterol tinggi. Pasien sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk menurunkan kadar kolesterol, sebelum terjadi gangguan fungsi tubuh.

Sebagai informasi kadar kolesterol adalah jumlah HDL, LDL, dan trigliserida dalam tubuh. High Density Lipoprotein (HDL) kerap disebut kolesterol baik, sedangkan Low Density Lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat. Sementara trigliserida adalah total lemak dalam darah.

Kadar kolesterol normal, tinggi, rendah berdasarkan jumlah HDL, LDL, dan trigliserida

Kolesterol normal: < 200 mg/dl
  • Kadar HDL: ≥ 45
  • Kadar LDL: < 130
  • Trigliserida: < 200.
Kolesterol batas tinggi: 200-239 mg/dl
  • Kadar HDL: 36-44
  • Kadar LDL: 130-159
  • Trigliserida: 200-399.
Kolesterol tinggi: > 240 mg/dl
  • Kadar HDL: ≤ 35
  • Kadar LDL: ≥ 160
  • Trigliserida: ≥ 400.

Cara Menurunkan Kolesterol Agar Kembali Normal

Bagi pasien mengalami gangguan kadar kolesterol, berikut beberapa cara menurunkannya hingga ke level normal:
  1. Menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak, minyak, dan kolesterol yang tinggi.
  2. Melakukan olahraga yang cukup. Minimal berolahraga 20 menit setiap hari.
  3. Mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol, seperti alpukat, kedelai, teh hijau, apel, dan bawang putih
  4. Memperbanyak makanan yang mengandung serat karena dapat mengikat kolesterol sehingga tidak beredar di dalam darah
  5. Mengonsumsi vitamin dan mineral sebagai pengatur keseimbangan kolesterol
Biasanya dokter juga akan meresepkan obat untuk menurunkan kadar kolesterol, misalnya golongan statin. Obat ini tentunya harus dikonsumsi sesuai resep. Itulah penjelasan tentang kadar kolesterol normal serta cara menurunkan kolesterol. Semoga bermanfaat.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Pria dan Wanita? Ini Penjelasannya"