Hagia Sophia

30 October 2023

Pasien Mpox di Indonesia Bertambah Jadi 24 Orang, Bandung 1 Kasus

Foto: Getty Images/JUN LI

Total kasus pasien cacar monyet atau Mpox kini berjumlah 24 orang. Kasusnya tidak hanya menyebar di DKI Jakarta, tetapi mulai ditemukan di Tangerang Selatan hingga wilayah Jawa Barat.

Catatan tersebut berdasarkan laporan yang dihimpun Kemenkes RI hingga 29 Oktober 2023. Pasien seluruhnya merupakan laki-laki dengan rentang usia 25 hingga 48 tahun.

"Kasus Mpox sekarang sudah ada 24 kasus. Selain dari Jakarta dan Tangerang Selatan, ada temuan satu kasus di Bandung," beber Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Maxi Rein Rondonuwu, saat dihubungi detikcom Senin (30/10/2023).

Belum diketahui lebih lanjut gejala awal maupun kronologi pasien di Kota Bandung yang pertama kali terpapar. Pasien merupakan pria berusia 36 tahun, kini diberikan terapi suportif untuk mengatasi gejala yang dikeluhkan.

Sejauh ini, pemerintah juga masih menelusuri kontak erat dari kasus Mpox di Bandung.

Adapun pasien yang teridentifikasi positif langsung menjalani perawatan isolasi di RS. Menurut Maxi, laporan kasus Mpox yang berhasil diidentifikasi, diyakini jauh lebih sedikit ketimbang penyebaran di masyarakat.

"Kami kemarin mengundang para epidemiolog, mereka mencoba menggunakan rate yang terjadi di Inggris itu, mereka memperkirakan kasus kita itu, dengan jumlah populasi kunci bisa sampai 3.600 orang," bebernya.

"Kalau tidak ada intervensi dengan baik, terutama edukasi pada mereka, terutama edukasi perilaku bersih dan sehat. Seperti jangan berhubungan seks saat ada gejala, atau saat tidak ada gejala hubungan seks yang aman menggunakan kondom," pesan dia.

Dua gejala utama yang sering dikeluhkan adalah lesi di kulit sampai pembengkakan kelenjar getah bening. Namun, keluhan lain yang tidak khas dengan Mpox juga kerap dirasakan pasien.

"Semua bergejala. Hanya ada satu yang asimptomatik. Jadi ada paling banyak itu ada lesi pada kulit, disertai demam, ada pembengkakan kelenjar terutama di pangkal paha, sakit menelan, nyeri tenggorokan, ada sakit otot myalgia, kemudian ada menggigil, badan terasa sakit kelelahan," kata dr Maxi di kesempatan sebelumnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pasien Mpox RI 'Ngegas' Jadi 24 Orang, 1 Kasus Ditemukan di Bandung!"