Hagia Sophia

30 October 2023

Obat Cacar Air Alami Ini Bisa Redakan Gejalanya dengan Cepat

Foto: iStock

Cacar air merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menimbulkan ruam gatal dan lepuh pada kelopak mata, wajah, tubuh, hingga mulut yang berlangsung hingga 1-2 minggu.

Dilansir situs Medical News Today, cacar air paling sering terjadi pada masa kanak-kanak. Tapi, tak menutup kemungkinan kalau orang dewasa dapat pula terkena infeksi ini.

Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV). VZV termasuk dalam keluarga virus herpes yang sangat menular. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, seperti terkena cairan dari cacar, lewat batuk atau bersin, hingga melalui udara.

Selain itu, VZV bisa pula menyebabkan kondisi kesehatan lain yakni herpes zoster. Sehingga, seorang juga dapat terkena cacar air jika bersentuhan dengan lepuhan herpes ini.

Orang yang tidak pernah menderita cacar air, tidak pernah divaksin varicella, atau memiliki sistem imun yang terganggu, berisiko tinggi untuk terkena infeksi cacar.

Karena penyakit mudah menular dan kerap terjadi pada anak, sebagian orang atau orang tua segera mencari obat cacar air paling ampuh dari bahan alami untuk meredakannya dengan cepat.

Kalau kamu termasuk orang yang sedang cari-cari obat cacar air dari bahan alami yang ramah anak, simak uraian di bawah ini, ya!

Obat Cacar Air Alami

Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat cacar air alami untuk pengobatan di rumah:

1. Oatmeal Koloid
Oatmeal yang ditumbuk halus (koloid) mengandung sejumlah senyawa yang bisa meredakan iritasi, peradangan, dan gatal-gatal akibat cacar air maupun masalah kulit lainnya.

Dengan menambahkan oatmeal koloid ke dalam air hangat, kamu dapat mandi atau berendam menggunakan air tersebut untuk menenangkan infeksi yang gatal. Mandi tidak akan membuat cacar air menyebar dari satu kulit ke area lainnya.

Atau kamu dapat pula mengoleskan losion oatmeal ke kulit yang terkena cacar. Hal ini juga bisa memberikan efek tenang dan lembap pada lepuhan infeksi yang gatal.

2. Teh Chamomile
Chamomile memiliki efek antiseptik dan antiinflamasi ketika dioleskan ke kulit. Maka dari itu, kamu bisa gunakan teh chamomile untuk menenangkan area cacar air yang gatal dengan mengkompresnya.

Caranya dengan seduh 2-3 kantong teh chamomile lalu biarkan dingin terlebih dahulu. Celupkan kapas lembut atau waslap ke dalam teh, kemudian oleskan ke area kulit yang gatal. Setelahnya, biarkan air teh yang menempel sampai mengering.

3. Soda Kue
Selain oatmeal, soda kue juga dapat dipakai untuk meredakan gatal akibat infeksi cacar. Kamu bisa menggunakannya untuk mandi atau berendam.

Dengan menambahkan 225 gram soda kue ke dalam bak mandi berisi air hangat, kamu dapat mandi 3 kali sehari memakai air tersebut untuk tenangkan gatal cacar air. Atau kamu dapat berendam di dalam air soda kue selama 15-20 menit.

4. Air Putih
Minum air putih akan membuat seseorang tetap terhidrasi sehingga bisa cegah dehidrasi. Dengan konsumsi banyak cairan air putih, itu akan membantu tubuh penderita cacar air untuk membersihkan diri dari virus lebih cepat.

Selain itu, infeksi cacar juga dapat sampai di dalam mulut. Dengan minum air putih maka bisa kurangi gatal dan nyeri di mulut. Pastikan untuk memilih air putih daripada minuman manis lain.

5. Es Batu
Kompres dingin pada area cacar yang gatal dapat bantu meredakannya. Karena itu, kamu bisa mengkompresnya dengan es batu yang dilapisi handuk atau kain lalu tempelkan pada kulit yang gatal.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Obat Cacar Air Alami, Bisa Bantu Redakan Gejalanya dengan Cepat"