Hagia Sophia

30 October 2023

29 Oktober: Diperingati Sebagai Hari Stroke Sedunia

Tanggal 29 Oktober memperingati hari apa? Ada Hari Stroke Sedunia (Foto: Getty Images/Aliaksandr Bukatsich)

Terdapat sejumlah perayaan penting yang diperingati pada tanggal 29 Oktober. Mulai dari Hari Kucing Nasional di Amerika Serikat, Hari Internet Nasional di Amerika Serikat, bahkan ada juga hari yang berkaitan dengan kesehatan lho.

Lantas, tanggal 29 Oktober 2023 memperingati hari apa saja sih yang berkaitan dengan kesehatan? Dikutip dari National Today, ada Hari Stroke Sedunia dan Hari Psoriasis Sedunia 2023. Berikut penjelasan asal-usulnya.

Hari Stroke Sedunia 2023

Hari Stroke Sedunia atau World Stroke Day diperingati pada 29 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat di dunia meningkatkan kesadaran tentang penyakit stroke, termasuk faktor risiko hingga gejalanya.

Stroke merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang dipicu oleh penyumbatan pembuluh darah. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) stroke terjadi akibat pembuluh darah yang membawa oksigen dan darah ke otak mengalami penyumbatan. Imbasnya, fungsi kontrol gerakan tubuh yang dikendalikan otak tak berfungsi.

Beragam gaya hidup tidak sehat dapat meningkatkan risiko stroke, seperti merokok, jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, sedentary life, mengonsumsi minuman beralkohol, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, dan masih banyak lagi. Selain itu, stroke juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu seperti obesitas, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan kolesterol tinggi.

Hari Stroke Sedunia ditetapkan lewat Kongres Stroke Dunia yang digelar pada 2004 silam di Vancouver, Kanada. Meski begitu, peringatannya baru diumumkan pada 2006 oleh ahli saraf klinis Kanada, dr Vladimir Hachinski.

Peringatan Hari Stroke Sedunia pertama dirayakan pada 29 Oktober 2006 oleh World Stroke Organization (WSO). WSO merupakan organisasi yang terbentuk dari penggabungan antara International Stroke Society (ISS) dan World Stroke Federation (WSF).

WSO sendiri memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap stroke dengan cara mengkampanyekan penelitian dan edukasi terkait kesehatan jantung guna meningkatkan perawatan bagi korban stroke. WSO juga berkomitmen untuk menghormati dan mengapresiasi jasa-jasa yang telah dilakukan berbagai pihak dalam mengurangi angka stroke di seluruh dunia.

Pada 2010, WSO menyatakan stroke sebagai kondisi darurat kesehatan masyarakat sebagai upaya untuk mengekang tren kematian dan disabilitas akibat minimnya kesadaran serta akses terhadap pengobatan stroke.

Tahun ini, Hari Stroke Sedunia mengangkat tema 'Together We Can Be #GreaterThan Stroke'. Tema ini memiliki pesan bahwa upaya kolektif dari berbagai kalangan dapat mencegah dan mengurangi faktor risiko yang dapat memicu terjadinya stroke.

Hari Psoriasis Sedunia 2023

Hari Psoriasis Sedunia juga diperingati pada tanggal yang sama, yakni 29 Oktober 2023. Momentum ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sehubungan dengan penyakit psoriasis dan mengadvokasi hak-hak individu dari mereka yang terkena penyakit ini.

Psoriasis adalah suatu penyakit inflamasi sistematik yang terjadi, terutama pada kulit yang bersifat kronis residif. Penyakit psoriasis ini tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa, namun semua umur juga berpotensi untuk mengalami penyakit ini. Singkatnya, penyakit ini ditandai ditandai dengan gambaran klinik bervariasi berupa plak kemerahan yang ditutupi oleh sisik tebal putih seperti perak dan berbatas tegas.

Hari Psoriasis Sedunia pertama dirayakan pada tahun 2004. Namun, negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru menyadari perlunya meningkatkan kesadaran tentang psoriasis secara sistematis pada tahun 2014. Pada saat itu, mereka telah mengeluarkan resolusi yang menetapkan tanggal 29 Oktober sebagai hari resmi untuk merayakan Hari Psoriasis Sedunia.

WHO juga mengakui psoriasis sebagai salah satu penyakit tidak menular yang serius pada tahun 2014.

Tema Hari Psoriasis Sedunia pada tahun 2023 adalah "Access for All". Artinya, sebuah seruan global untuk penyediaan akses terhadap pengobatan atau perawatan psoriasis berkualitas tinggi, terlepas dari pendapatan dan lokasi geografis, serta pada waktu yang tepat bagi semua orang yang berjuang melawan penyakit ini.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tanggal 29 Oktober 2023 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Stroke Sedunia"