Hagia Sophia

30 October 2023

Ditemukan Obat China yang Efektif untuk Tekan Risiko Serangan Jantung

Ilustrasi obat China. (Foto: Radian Nyi Sukmasari)

Infark miokard akut yang lebih dikenal sebagai serangan jantung merupakan masalah kesehatan yang serius. Para peneliti masih mengeksplorasi berbagai metode pengobatan untuk kondisi kesehatan ini.

Dikutip dari Medical News Today, pengobatan tradisional China, Tongxinluo, telah diuji dalam penelitian kecil pada manusia untuk mengamati dampaknya pada orang dengan jenis serangan jantung tertentu yang disebut infark miokard elevasi segmen ST (STEMI). Untuk melihat pengaruhnya dalam skala yang lebih besar, peneliti melakukan uji klinis dan memeriksa pasien STEMI.

Dalam uji klinis selama 12 bulan terhadap 3.777 orang dengan STEMI, tim menemukan bahwa terapi ini dikaitkan dengan penurunan kejadian jantung dan serebrovaskular secara nyata.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA pada Oktober 2023, studi China Tongxinluo untuk Perlindungan Miokard pada Pasien dengan Infark Miokard Akut (CTS-AMI) adalah uji klinis acak yang dilakukan di 124 pusat klinis di seluruh China. Penelitian ini dilakukan dengan 2 kelompok uji, 1.899 pasien diberikan Tongxinluo dan kelompok plasebo memiliki 1.898 subjek.

Para peneliti memberikan Tongxinluo secara oral melalui kapsul kepada peserta selama 12 bulan, dan mereka memberikan plasebo kepada kelompok kontrol.

Para peneliti menguji obat tersebut untuk efektivitas dan keamanan klinis selama 1 tahun 30 hari.

Hasilnya peneliti melihat dalam 30 hari setelah diberikan obat, kejadian merugikan akibat serangan jantung seperti kematian kardiovaskular, infark ulang miokard, stroke otak, syok kardiogenik, dan gagal jantung menurun. Lebih lanjut, efek ini berlangsung selama satu tahun tanpa perubahan signifikan pada pendarahan besar.

Apa itu Tongxinluo?

Tongxinluo adalah obat tradisional China yang dibuat dengan bubuk dan ekstrak dari produk tumbuhan dan serangga. Para ahli tidak yakin bagaimana mekanisme senyawa tersebut memicu penyembuhan.

Namun, bukti klinis menunjukkan bahwa komponen paeoniflorin, ginsenoside Rg1, dan ginsenoside Rb1 yang ada dalam obat tersebut meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Paeoniflorin, dari ekstrak akar peoni putih, merupakan unsur aktif utama dalam obat-obatan tradisional China. Telah digunakan untuk mengobati kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan aterosklerosis.

Ginsenoside adalah bahan aktif dalam Panax ginseng. Studi menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu mengobati aterosklerosis dengan melindungi sel endotel pembuluh darah dari stres oksidatif.

Tongxinluo artinya "membuka (tong) jaringan (luo) hati (xin)." Obat ini disetujui di Tiongkok untuk angina pektoris (angina stabil) dan stroke iskemik pada tahun 1996.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Temukan Obat China Efektif Tekan Risiko Kefatalan Serangan Jantung"