Hagia Sophia

14 March 2024

Bila Tidak Ingin Ngantuk Saat Tarawih, Jangan Berbuka Seperti Ini

Kesalahan buka puasa yang bikin ngantukan saat tarawih (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Pekan pertama berpuasa, banyak orang masih beradaptasi dengan pola makan yang berbeda dari biasanya. Problem yang umum ditemukan adalah terkantuk-kantuk saat salat tarawih.

Menurut dokter gizi Dr dr Nurul Ratna Mutu Manikam M.Gizi, SpGK (K), lemas dan mengantuk saat tarawih umumnya dipicu oleh pengaturan makan yang tidak tepat terutama saat berbuka puasa. Salah satunya, langsung kalap makan begitu mendengar azan maghrib.

"Yang bikin salat tarawih ngantuk dan lemes itu karena makannya terlalu banyak, dalam waktu yang cepet," jelas dr Nurul dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

"Biasanya begitu denger azan, minum, terus makan banyak. Itu nggak disarankan, kaget perutnya," lanjutnya.

Supaya tidak terkantuk-kantuk saat tarawih, dr Nurul menyarankan, sebaiknya tidak langsung makan kenyang saat berbuka. Diawali dulu dengan minum air putih saat mendengar azan maghrib, membatalkan puasa cukup dengan kurma atau makanan ringan terlebih dahulu.

Setelah salat maghrib, jeda 45-60 menit menuju salat isya bisa dimanfaatkan untuk makan dengan porsi secukupnya supaya tidak terlalu kenyang. Makan terlalu berat pada periode ini rentan bikin mengantuk.

"Makannya setengah porsi dari biasanya makan siang, supaya saat tarawih perutnya nggak begah terus ngantuk," saran dr Nurul.

Setengah porsi sisanya, menurut dr Nurul, bisa dipenuhi setelah tarawih. Itupun sebaiknya tidak berlebihan, karena waktunya sudah mendekati waktu tidur. Dijelaskan oleh dr Nurul, tidur dalam kondisi kekenyangan akan berdampak pada kualitas tidur.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Hindari! Kesalahan Berbuka Ini Bikin Lemes dan Ngantukan Saat Tarawih"