Hagia Sophia

14 March 2024

Mengenal Berbagai Jenis Kurma dan Khasiatnya

Ilustrasi kurma. (Foto: ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso)

Kurma menjadi santapan favorit berbuka. Selain kaya akan khasiat, kurma juga menjadi salah satu yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW. Ada beragam macam jenis kurma mulai dari kurma ajwa, khalas, hingga sukari.

Dikutip dari Mount Sinai, kurma secara umum juga kaya akan antioksidan dan tanin. Tanin mencegah kerusakan sel dan mencegah risiko peradangan.

Kurma menunjukkan manfaat luar biasa bagi sistem pencernaan, berfungsi sebagai sekutu ampuh dalam meningkatkan kesehatan usus. Terkenal sebagai salah satu makanan antiparasit paling efektif secara global, kurma secara aktif terlibat dalam mengikat, menghancurkan, dan menyapu berbagai elemen berbahaya dari saluran pencernaan.

Ini termasuk parasit, ragi, jamur, jamur, logam berat, bakteri tidak produktif, virus, dan patogen beracun lainnya. Senyawa bioaktif dalam kurma memastikan proses pembersihan dan detoksifikasi menyeluruh, berkontribusi terhadap pencernaan yang lebih sehat dan seimbang. Memasukkan kurma ke dalam pola makan tidak hanya menjadi camilan manis yang nikmat tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

1. Kurma Khalas

Kurma Khalas dibedakan dari warnanya yang kuning, teksturnya yang kuat, dan rasanya yang manis. Kurma ini kaya akan gula alami dan memberikan penambah energi segera dan jangka panjang. Mereka juga tinggi serat makanan, yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu penurunan berat badan. Kurma Khalas terkenal karena kandungan mineralnya yang tinggi, termasuk potasium, magnesium, dan tembaga, yang semuanya penting untuk fungsi tubuh manusia yang optimal.

Ketika sudah matang, kurma ini memiliki rasa seperti karamel. Kurma Khalas ini memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan kurma ajwa dan kurma sukari. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang seperti karamel, membuat kurma khalas menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat Timur Tengah dan Afrika Utara.

Mereka rendah kalori, tinggi serat, dan kaya antioksidan, sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi pelaku diet. Kurma khalas kaya akan vitamin dan mineral penting, termasuk kalium, magnesium, dan vitamin B6.

Secara bersamaan, kurma ini juga dikenal memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap penyakit.

2. Kurma Sukari

Kurma Sukari memiliki warna cokelat muda dan bentuknya bulat-bulat. Kurma ini memiliki rasa yang sangat manis seperti madu. Tekstur dari kurma ini sangat lembut dan lembab, memberikan sensasi lumer ketika dimakan.

Kurma Sukari juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalium, magnesium, dan serat. Kurma sukari kaya akan asam amino esensial yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk otot tubuh, dan membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, serta kuku. Selain itu, manfaat kurma sukari lainnya adalah sebagai pelengkap sumber nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, anak-anak, serta lansia. Kurma ini juga bisa menjadi alternatif bagi yang ingin mengurangi konsumsi gula.

Kurma sukari dapat dinikmati dengan dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dicampurkan dengan pisang sebagai smoothie, dicampurkan dengan susu dan oatmeal, atau dijadikan salah satu bahan untuk membuat infused water. Agar manfaat kurma sukari dapat diperoleh secara maksimal, disarankan untuk mengonsumsi buah ini secukupnya dan membatasi konsumsi gula harian.

3. Kurma Ajwa

Kurma ajwa adalah kurma yang pertama kali dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW dan sejak itu banyak dibudidayakan di Arab Saudi.

Kurma Ajwa atau yang biasa disebut kurma nabi ini memiliki warna coklat kehitaman yang sangat pekat dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Kurma ini memiliki tekstur seperti garis-garis atau serat yang berkerut di bagian luarnya, namun sangat lembut saat dikunyah. Rasa dari kurma Ajwa tidak terlalu manis dan ada sedikit rasa asam seperti kismis, kering, tidak lembab, dan memiliki ukuran yang agak besar, namun lebih kecil jika dibandingkan dengan kurma Khalas dan Sukari.

Manfaat Kurma Ajwa

Menguatkan Sistem Saraf:
Kurma Ajwa bermanfaat dalam memperkuat sistem saraf, membantu produksi energi dan melawan kelelahan.

Mengobati Hipertensi:
Dengan khasiat mengatur tekanan darah, Kurma Ajwa berfungsi sebagai pengobatan alami untuk hipertensi.

Kesehatan Tulang:
Konsumsi Kurma Ajwa berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang, menyediakan mineral penting untuk kepadatan tulang.

Kulit dan Penglihatan:
Kurma ini meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan, memperkaya tubuh dengan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan eksternal dan internal.

Penelitian juga menunjukkan Kurma Ajwa dapat membantu mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol (LDL) dalam darah, juga berfungsi untuk melindungi jantung dan sistem peredaran darah, bertindak sebagai tindakan pencegahan terhadap aterosklerosis dan masalah yang berhubungan dengan jantung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jenis-jenis Kurma dan Khasiatnya, Ada yang Bisa Bantu Pencernaan-Pangkas BB"