Hagia Sophia

14 March 2024

Berat Badan Naik Saat Puasa? Ini Saran Ahli Gizi

Jangan sampai puasa malah berat badannya naik (Foto: istock)

Memasuki minggu pertama bulan Ramadan, pola makan mulai harus diperhatikan. Selain memperbanyak ibadah dan mengumpulkan banyak pahala, pastikan asupan nutrisi tetap terkontrol supaya berat badan tidak ikut naik drastis.

Spesialis gizi, dr Gaga Irawan Nugraha, SpGK, memberikan tips agar timbangan tidak naik saat puasa. Kuncinya, jangan buru-buru menyantap menu utama ketika azan maghrib berkumandang.

"Berbukalah dengan buah berair. Cukup 2-3 ons, kira-kira sebesar 1 buah apel besar atau 1 jeruk besar," saran dr Gaga, dalam diskusi dengan media baru-baru ini.

Untuk mengembalikan hidrasi atau cairan tubuh, dr Gaga juga menyarankan untuk segera minum air mineral. Setelahnya, sudah boleh makan? Tunggu dulu, lebih disarankan untuk menjalankan salat maghrib terlebih dahulu.

"(Setelah salat maghrib) Baru diperbolehkan makan nasi lengkap dengan protein juga sayuran," jelas dr Gaga.

Khusus ibu menyusui dan anak yang masih bertumbuh, dianjurkan makan lagi setelah salat tarawih. Namun, tetap dengan makanan yang sehat.

"Untuk ibu menyusui dan anak yang masih bertumbuh, silakan makan lagi setelah salat tarawih, tapi makanannya jangan asal. Buah-buahan lebih bagus," jelas dr Gaga.

Bagi mereka yang tidak dalam kategori ibu menyusui atau anak yang masih bertumbuh, tidak lagi disarankan makan setelah salat tarawih. dr Gaga hanya menyarankan tetap menjaga hidrasi dengan minum sebanyak 4 hingga 5 gelas dari waktu buka hingga menjelang tidur malam.

"Kalau untuk yang sudah obesitas dan normal, stop tidak perlu makan apa-apa lagi setelah tarawih," tegas dr Gaga.

Saat sahur, dianjurkan untuk makan nasi lengkap juga. Satu piring saat sahur berisi nasi, protein hewani atau nabati, dan sayuran. Jangan lupa wajib konsumsi buah.

"Buah itu wajib dikonsumsi saat buka dan sahur, terus kalau sahur ada tambahan seperti susu nggak masalah. Tapi, jangan lupa untuk minum air mineral sebanyak 4 gelas saat sahur," kata dr Gaga.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Sampai Berat Badan Malah Naik Saat Puasa, Ini Saran Dokter Gizi"