Hagia Sophia

14 March 2024

Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Perut Kosong

Salad atau sayuran mentah adalah salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. (Foto: iStock)

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari merupakan sumber utama dari berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu dalam keadaan perut yang kosong malah dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu perut kembung. Tak hanya itu, ada pula makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik serta gangguan sistem pencernaan.

Lantas, apa saja jenis minuman dan makanan yang tidak dikonsumsi saat perut kosong? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Makanan pedas
Makanan pedas termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong lantaran dapat mengiritasi lapisan di lambung. Hal ini dapat menyebabkan reaksi asam dan kram pada perut.

Selain itu, makanan pedas juga bersifat tajam dan dapat memicu gangguan pencernaan.

2. Minuman dingin dan bersoda
Mengonsumsi minuman dingin saat perut kosong dapat merusak selaput lendir dan memperlambat pencernaan sepanjang hari. Terlebih jika minuman dingin tersebut mengandung soda atau berkarbonasi.

Dikutip dari NDTV Food, kandungan asam karbonat pada minuman bersoda dapat bercampur dengan cairan asam di lambung dan menyebabkan masalah seperti kembung dan mual.

Lambung mengeluarkan cairan asam untuk membantu mencerna makanan. Jika minuman bersoda masuk ke lambung yang kosong, maka Anda hanya menambahkan asam ke sistem pencernaan yang kemudian dapat memicu nyeri atau kram pada perut.

3. Salad atau sayuran mentah
Salad atau sayuran mentah memang kaya akan serat yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Tapi jika dimakan saat perut kosong, makanan tersebut malah dapat memberikan beban ekstra pada lambung. Hal tersebut dapat menyebabkan perut menjadi kembung atau mengalami nyeri.

Beberapa sayuran pada salad, seperti tomat, juga mengandung asam tanat (tannic acid) yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung jika dikonsumsi saat perut kosong.

4. Produk fermentasi susu
Mengonsumsi produk fermentasi susu, seperti yogurt, saat perut kosong dapat memicu pembentukan asam klorida yang membunuh bakteri asam laktat pada susu dan mengganggu tingkat keasaman lambung. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi produk fermentasi susu saat perut kosong.

5. Pisang
Meski pisang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong dapat memberikan efek negatif. Pisang mengandung magnesium dan kalium. Ketika dikonsumsi saat perut kosong, kedua zat tersebut dapat merusak keseimbangan magnesium dan kalium di dalam darah.

6. Kopi
Kopi kerap disebut sebagai 'elixir of life' lantaran memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tapi jika dikonsumsi saat perut kosong, minuman ini justru bisa mengganggu sistem pencernaan.

Pasalnya, mengonsumsi kopi dapat merangsang produksi asam klorida dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat membuat lambung menjadi asam dan memicu peradangan pada lapisan dinding lambung, atau yang disebut juga dengan gastritis.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Perut Kosong"