Hagia Sophia

01 November 2023

Beberapa Manfaat Lidah Buaya Serta Efek Sampingnya

Foto: Ilustrasi lidah buaya (iStock)

Lidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan manfaat kesehatan. Bagian lidah buaya yang bermanfaat yaitu gel dan lateksnya.

Gel lidah buaya biasanya dimanfaatkan untuk merawat dan mengobati penyakit kulit. Simak berbagai manfaat lidah buaya berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya sangatlah beragam. Tanaman ini bisa melembabkan kulit hingga mengatasi sembelit.

1. Melembabkan Kulit
Dikutip dari laman UMSU, gel lidah buaya bertekstur lembut dan dapat digunakan sebagai pelembab alami. Mengoleskan gel lidah buaya bisa memberi hidrasi yang diperlukan untuk kulit kering.

2. Membantu Pengobatan Luka Bakar
Lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Gelnya mempunyai sifat penyembuhan yang membantu meredakan peradangan.

Mengutip WebMD, mengoleskan gel atau krim lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan luka bakar.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati
Lidah buaya mengandung asam salisilat yang bisa mengangkat sel kulit mati dan bakteri jahat di kulit. Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa merangsang produksi sel kulit baru.

4. Mengurangi Plak Gigi
Lidah buaya bisa mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi dengan mengurangi penumpukan plak pada gigi. Tanaman ini efektif membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut dan ragi Candida albicans.

Sebuah studi obat kumur melibatkan 300 orang sehat. Peneliti membandingkan jus lidah buaya murni dengan obat kumur standar klorheksidin. Hasilnya, setelah penggunaan 4 hari, obat lidah buaya tampak sama efektifnya dengan klorheksidin dalam mengurangi plak gigi.

5. Mengobati Sariawan
Lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu menurut studi, lidah buaya juga membantu mengurangi sakit dari gejala sariawan.

6. Membantu Mencegah Kerutan
Gel lidah buaya juga mampu memperlambat penuaan pada kulit. Sebuah penelitian di tahun 2009 melibatkan 30 orang wanita di atas usia 45 tahun. Mereka yang mengkonsumsi lidah buaya secara oral dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

7. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Lidah buaya mengandung antioksidan tinggi yang dikenal sebagai polifenol. Kandungan ini bersama senyawa lainnya dalam lidah buaya membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa menyebabkan infeksi pada manusia.

8. Menurunkan Berat Badan
Mengutip laman food ndtv, berbagai vitamin dan mineral dari lidah buaya seperti asam amino, enzim dan sterol diyakini berpengaruh pada penurunan berat badan. Mengutip WebMD, mengkonsumsi produk lidah buaya tertentu dua kali sehari selama 8 minggu bisa menurunkan berat badan dan massa lemak pada penderita diabetes atau pradiabetes yang kelebihan berat badan.

9. Membantu Detoksifikasi
Lidah buaya mengandung sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Mengutip Pharmeasy, mengkonsumsi jus lidah buaya bisa membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

10. Membantu Mengatasi Sembelit
Kali ini, manfaat lidah buaya bukan terdapat pada gelnya, tapi lateksnya. Lateks merupakan residu kuning lengket yang ada tepat di bawah kulit daun.

Hal ini berkat senyawa aloin atau barbaloin yang memberikan efek pencahar. Meski begitu, menurut Medical News Today masyarakat masih mengkhawatirkan keamanan seringnya penggunaan dari lateks.

Selain itu, lidah buaya juga tampaknya tidak efektif dalam mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti sindrom iritasi usus besar atau penyakit radang usus.

11. Mengatasi Psoriasis
Lidah buaya dapat membantu mengobati psoriasis, kondisi peradangan jangka panjang yang dapat mempengaruhi kulit dan persendian. Kondisi ini bisa menyebabkan sel kulit berlebih membentuk plak bersisik dan meradang pada kulit.

Lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka, mengobati kondisi kulit seperti eritema akibat sinar ultraviolet. Namun untuk memastikan manfaat lidah buaya untuk mengobati psoriasis diperlukan penelitian lebih lanjut.

Efek Samping Lidah Buaya

Sebelum menggunakan lidah buaya untuk kesehatan tubuh kamu perlu mengetahui efek sampingnya terlebih dahulu. Penderita yang memiliki masalah penyakit jantung, wasir, ginjal, usus atau ketidakseimbangan elektrolit dilarang untuk mengkonsumsi lidah buaya. Berikut beberapa efek samping dari lidah buaya:

1. Penggunaan yang Banyak Bisa Berakibat Fatal
Menurut Mayo Clinic, zat lateks dalam lidah buaya tak aman jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Jika mengonsumsi 1 gram getah lidah buaya per hari selama beberapa hari bisa menyebabkan gagal ginjal akut dan berakibat fatal.

Selain itu, efek samping lainnya adalah kram perut dan juga diare. Penggunaan oral lateks lidah buaya dan ekstrak daun utuhnya tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

2. Iritasi
Lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka. Meski begitu jangan berikan lidah buaya pada luka yang dalam atau luka bakar yang parah.

3. Interaksi Obat
Jika kamu sedang mengkonsumsi obat tertentu, tanyakan dulu ke dokter sebelum menggunakan lidah buaya. Efek samping dari lidah buaya bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti obat diabetes, jantung, pencahar, steroid dan akar licorice.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Manfaat Lidah Buaya, Ketahui Pula Efek Sampingnya"