Hagia Sophia

01 November 2023

Hasil Riset Terkait Umur Panjang, Tidak Harus 10 Ribu Langkah tiap Hari

Ilustrasi berjalan kaki. Foto: Dikhy Sasra

Sering mendengar bahwa jalan kaki 10 ribu langkah sehari adalah cara untuk menjaga kesehatan jantung, bahkan bisa bikin hidup panjang umur? Baru-baru ini, ilmuwan menemukan fakta berbeda lho. Menurutnya, sebenarnya untuk hidup sehat, langkah yang dicapai sehari tak perlu mencapai 10 ribu. Bagaimana tuh?

Umumnya, seseorang dianjurkan untuk berjalan kaki 10 ribu sehari. Namun studi terbaru menyebut, angka tersebut sebenarnya tidak memiliki dasar ilmiah. Dipimpin oleh Universitas Granada (UGR) dan Universitas Iowa, temuan menunjukkan berjalan 8.000 langkah setiap hari, atau sekitar 6,4 km, sebenarnya sudah cukup untuk membantu seseorang hidup panjang umur.

Diterbitkan minggu ini di Journal of American College of Cardiology, penelitian ini mengidentifikasi jumlah langkah optimal yang dapat memberikan manfaat terbesar bagi kebanyakan orang. Riset tersebut menunjukkan efek berjalan kaki juga sebenarnya berkaitan dengan kecepatan berjalan.

"Secara tradisional, banyak orang berpikir bahwa Anda harus mencapai sekitar 10.000 langkah sehari untuk memperoleh manfaat kesehatan, sebuah gagasan yang muncul di Jepang pada tahun 1960an tetapi tidak memiliki dasar sains," kata penulis utama studi tersebut, Profesor Francisco B. Ortega dari Departemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga UGR, dikutip dari Daily Records, Selasa (31/10/2023)..

"Kami telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa semakin banyak langkah yang Anda ambil, semakin baik, dan tidak ada jumlah langkah berlebihan yang terbukti berbahaya bagi kesehatan," imbuhnya. Sembari ia menjelaskan, 7.000-9.000 langkah sehari pun cukup untuk meningkatkan kesehatan.

Di samping itu, riset tersebut juga menyoroti bagaimana berjalan cepat lebih efektif meningkatkan kesehatan dibandingkan berjalan dengan langkah lambat. Berkaitan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, sebagian besar manfaatnya terlihat pada sekitar 7.000 langkah.

Para peneliti melakukan tinjauan literatur sistematis dan meta-analisis data dari dua belas penelitian internasional yang melibatkan lebih dari 110.000 peserta. Sejalan dengan penelitian lain, riset tersebut menunjukkan bahwa manfaat kesehatan diperoleh dengan jumlah langkah kurang dari 10.000 sehari.

"Dalam penelitian ini, kami menunjukkan bahwa manfaat terukur dapat diperoleh dengan sedikit peningkatan jumlah langkah per hari, dan bagi orang-orang dengan tingkat aktivitas fisik rendah, setiap tambahan 500 langkah akan meningkatkan kesehatan mereka," jelas Esmée Bakker, Marie Curie Postdoctoral Research Fellow di Universitas Granada dan penulis utama studi tersebut.

"Ini adalah kabar baik karena tidak semua orang dapat berjalan hampir 9.000 langkah sehari, setidaknya tidak pada awalnya, sehingga Anda dapat menetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai dan secara bertahap membuat kemajuan serta meningkatkan jumlah langkah per hari," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Harus 10 Ribu Langkah Sehari, Ini Temuan Riset soal Kunci Hidup Panjang Umur"