Hagia Sophia

01 November 2023

Awalnya Dikira Sakit Perut Biasa, Ternyata Wanita Ini Idap Beberapa Penyakit

Viral wanita Pamalang mengidap kista ginjal-infeksi lambung (Foto: TikTok@alsy.putri)

Seorang wanita di Pemalang bernama Putri (23) membagikan pengalamannya berjuang melawan sejumlah penyakit yang diidapnya . Melalui akun TikTok pribadinya @alsy.putri, kisah Putri viral lantaran di usianya yang masih muda, ia mengidap beberapa penyakit sekaligus, termasuk infeksi lambung, kista ginjal, radang saluran kencing, dan penumpukan gas dari lambung sampai usus.

Putri menduga penyakit yang diidapnya merupakan akibat dari kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Ia gemar jajan 'kotor', seperti makanan yang pedas dan berminyak. Putri mengaku bahwa kebiasaan buruk ini bermula ketika ia merantau.

"Jadi dulu aku suka banget makan sayur sampai nggak bisa makan kalo nggak ada sayur berkuah. Tapi waktu merantau kan ngekos terus kerja, akhirnya karna capek, makannya selalu beli. Kalo sayur beli di warung aku kurang cocok sama rasanya. Alhasil, selalu belinya yang kering-kering kayak ayam goreng, chicken, dan lain-lain yang pedes dan berminyak," terangnya kepada detikcom, Selasa (31/10/2023).

Putri juga mengaku dirinya menerapkan pola makanya tidak teratur dan jarang mengonsumsi sayur-an. Terlebih, dirinya sering kali langsung mengonsumsi makanan pedas ketika perutnya masih kosong.

"Aku kalo makan pasti di jam 12 siang dan sekalinya makan kadang kaya mie pedas atau nggak geprek gitu. Padahal kalo lambung kan gaboleh telat makan apalagi perut kosong langsung makan pedes. Terus udah jarang banget makan sayuran, kalo buah-buahan mah masih," imbuh wanita berusia 23 tahun ini.

Tidak hanya sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dirinya juga jarang minum air putih dan sering rebahan. Cuaca yang panas pun menjadi alasan Putri lebih menyukai minuman-minuman manis dan kemasan.

"Terus jarang air putih, kadang suka beli es teh terus kaya thai tea gitu boba, atau beli minuman kemasan dan waktu itu cuaca lagi panas aku selalu beli es marimas, teajus, dan lain-lain. Udah gitu aku orangnya jarang olahraga karena di rumah aja jadinya lebih banyak tiduran," jelasnya.

Akibat pola hidup yang buruk tersebut, Putri sering mengeluh sakit perut. Namun karena sejak dulu ia memiliki asam lambung, awalnya ia hanya mengira keluhannya adalah sakit lambung biasa. Dirinya pun sempat beberapa kali memeriksakan diri. Namun, dirinya hanya divonis sakit lambung dan diberi obat.

Seiring berjalannya waktu, rasa sakit yang dikeluhkannya semakin parah. Putri mulai merasa nyeri pada perut bagian kanan dan atas. Ia juga sering merasa sakit pinggang hingga sulit untuk bergerak.

"Tapi kok lama lama sakitnya parah sampe buat duduk sakit buat jalan sakit tidur pun nggak bisa miring kanan atau kiri. Akhirnya pas lagi kerja aku udah nggak kuat lagi aku beraniin diri periksa ke rumah sakit," terangnya.

Ketika diperiksa, terdapat penumpukan gas di lambung hingga usus Putri dan terdapat kista pada ginjal bagian kanannya.

"Pas dicek ternyata ada penumpukan gas dari lambung sampai sepanjang usus dan pas dilihat di bagian ginjal ada kayak benjolan kecil gitu. Nah, disebut dokternya itu kista. Kalo ginjal ukuran 8cm sedangkan kistaku ukurannya 2,5 x 2,6cm jadi masih termasuk yang kecil," imbuhnya.

Tak sampai di situ, dokter juga menyebut Putri mengalami penurunan fungsi ginjal akibat kadar kreatinin yang tidak seimbang. Lalu ketika melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan spesialis penyakit dalam, dirinya divonis infeksi lambung, kista ginjal, anemia, dan radang saluran kencing sekaligus.

"Besoknya langsung diambil darahnya buat cek lab ternyata hasilnya kreatinin rendah, anemia, Hb rendah juga nah kenapa akhirnya dokter juga bilang kalo kreatinin ngga balance jadi ada penurunan fungsi ginjal. Pas dipriksa lagi sama spesialis dalamnya ternyata infeksi lambung, kista ginjal,anemia sama radang saluran kencing," terangnya.

Melalui kisahnya, Putri berpesan agar orang-orang menjaga pola makan dan tidak mengabaikan kesehatan, khususnya untuk anak-anak muda. Ia mengimbau untuk menghindari konsumsi makanan tidak sehat, terlepas dari seberapa menggiurkannya makanan tersebut.

"Aku cuma mau pesen aja jangan sampai nunggu ngerasain sakitnya sendiri, mending diambil pelajaran dari pengalaman orang lain karna sakitnya itu luar biasa. Yang mungkin menurut orang sepele tapi itu bisa menghilangkan nyawa karena terlalu menyepelekan pola hidup," imbuh Putri.

"Seenak apapun makanan kalo nggak sehat mending jangan, efeknya kemana-mana soalnya. Nanti kalau udah sakit malah nyesel sendiri serius sakitnya luar biasa," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Pemalang Idap Kista Ginjal-Infeksi Lambung, Dikira Cuma Sakit Perut Biasa"