Hagia Sophia

06 January 2024

Obat Alami untuk Lawan Flu di Musim Hujan

Ilustrasi gejala flu. (Foto: shutterstock)

Flu merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang di musim hujan. Karena itu, penting untuk mengetahui cara meredakan gejala flu agar fisik tetap terjaga dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, kenapa sih musim hujan bisa membuat kita rentan terkena flu? Dikutip dari laman Health.com, hujan sebenarnya bukan penyebab flu. Melainkan, suhu dingin ketika musim hujanlah yang membuat seseorang bisa terkena flu.

Saat musim hujan, tubuh sering terpapar oleh suhu dingin, apalagi ketika kehujanan. Hal ini dapat menurunkan suhu dalam tubuh, yang mana berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan virus, salah satunya virus flu.

Ada banyak cara untuk meredakan flu yang menyerang di musim hujan. Selain dengan obat-obatan apotek, bisa juga dengan memanfaatkan obat alami untuk meredakan gejala flu. Selain menjadi alternatif yang lebih minim efek samping, obat-obatan alami ini juga mudah didapat dan diramu.

Obat Alami untuk Meredakan Gejala Flu

Obat alami untuk meredakan gejala flu dapat diperoleh dengan mudah sehari-hari. Bahkan, tak sedikit dari obat alami tersebut yang bisa ditemukan di dapur. Apa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Jahe
Jahe mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi, termasuk infeksi virus flu. Tak hanya itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem imun agar lebih kuat dalam menangkal zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Cara meramunya pun tidak sulit. Cukup campurkan irisan jahe yang sudah dibersihkan ke dalam segelas air hangat untuk diminum. Agar lebih nikmat, bisa juga dengan menambahkan madu, atau mencampurkan jahe ke dalam segelas teh hangat.

2. Bawang putih
Selain sebagai penyedap masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk meredakan gejala flu secara alami. Pasalnya, bawang putih memiliki properti antioksidan, antivirus, dan antimikroba yang tentunya dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri. Selain dikonsumsi secara mentah, khasiat bawang putih untuk meredakan gejala flu juga bisa diperoleh dengan mencampurkannya ke dalam masakan.

3. Air hangat
Air hangat bisa menjadi salah satu solusi simpel untuk meredakan gejala flu. Dikutip dari laman WebMD, air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat di saluran pernapasan. Tak hanya itu, air hangat juga menjadi salah satu minuman yang tepat untuk dikonsumsi guna menjaga tubuh tetap terhidrasi ketika terkena flu.

4. Madu
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, madu dapat dicampurkan dengan jahe untuk meredakan gejala flu. Ini karena madu itu sendiri mengandung senyawa antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu melawan peradangan yang dipicu oleh infeksi bakteri dan virus.

Selain dengan jahe, madu juga bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkannya ke dalam segelas air atau teh hangat dan ditambahkan perasan air lemon.

5. Sup ayam
Sup ayam bisa menjadi salah satu cara lezat untuk meredakan gejala flu di musim hujan. Sebuah studi menyebutkan semangkuk sup ayam dan sayuran dapat membantu memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh.

Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Ketika neurotrofil bergerak perlahan, maka sel tersebut dapat lebih terkonsentrasi di area tubuh yang paling membutuhkan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Obat Alami untuk Meredakan Gejala Flu Akibat Musim Hujan"