Hagia Sophia

06 January 2024

Ditemukan Tiga Kasus Lumpuh Layu Akibat Polio di Indonesia

Ilustrasi polio. (Foto: Getty Images/iStockphoto/anilakkus)

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI menemukan tiga penyakit kasus lumpuh layu akut (Acute flaccid paralysis/AFP) yang disebabkan oleh virus polio tipe dua. Dua kasus ditemukan di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Desember lalu sedangkan satu kasus lainnya ditemukan di Jawa Timur pada 4 Januari 2024.

"Pada bulan Desember 2023 telah ditemukan dua kasus lumpuh layu akut yang disebabkan oleh virus polio dengan kronologis kasus yang berbeda. Satu imunisasi polionya tidak lengkap, satu lagi yang (imunisasi) lengkap tapi alami malnutrisi," kata Plh Direktur Imunisasi Kemenkes dr Lily Banonah dalam keterangan resmi, Jumat (5/1/2023).

Polio merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Virus Polio dapat menular melalui air yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio. Jika virus polio tersebut masuk ke dalam tubuh anak yang belum mendapatkan imunisasi polio atau imunisasi polionya tidak lengkap, virus akan sangat mudah berkembang biak di dalam saluran pencernaan dan menyerang sistem saraf anak sehingga menyebabkan kelumpuhan.

Rincian tiga kasus polio yang ditemukan

Kasus pertama: dialami anak perempuan berusia 6 tahun, berdomisili di Jawa Tengah, dan berinisial NH. Berdasarkan pengakuan orang tua, NH mengalami lumpuh layu akut pada 21 November 2023 dengan riwayat vaksinasi polio OPV dua kali dan tidak lengkap. Hasil pemeriksaan menunjukkan pasien positif virus polio tipe 2.

Kasus kedua: dialami oleh anak laki-laki berusia 1 tahun 11 bulan, berdomisili di Jawa Timur, dan berinisial MAF. MAF mengalami lumpuh pada 22 November 2023 dengan riwayat imunisasi lengkap tapi hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ia mengalami malnutrisi. Hasil pemeriksaan menunjukkan pasien positif virus polio tipe 2.

Kasus ketiga: dialami oleh anak laki-laki berusia 3 tahun 1 bulan, berdomisili di Jawa Timur, dan berinisial MAM. MAM mengalami lumpuh pada 6 Desember 2023 dengan riwayat vaksinasi polio OPV 4 kali dan IPV 1. Hasil pemeriksaan menunjukkan pasien positif virus polio tipe 2.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alert! Kemenkes Temukan 3 Kasus Lumpuh Layu Akibat Polio, Begini Kondisi Pasien"