Hagia Sophia

06 January 2024

Beberapa Orang Ini Dianjurkan untuk Hindari Konsumsi Air Rebusan Jahe

Air rebusan jahe. (Foto: Getty Images/iStockphoto/natashamam)

Air rebusan jahe dipercaya memiliki segudang manfaat seperti obat herbal, tetapi masih diperlukan sejumlah riset dan penelitian untuk menemukan lebih banyak bukti air rebusan jahe saat dikonsumsi sehari-hari.

Dalam sejumlah penelitian terbatas, air rebusan jahe disebut memiliki sifat antiinflamasi alias mencegah peradangan dalam tubuh. Peradangan bisa muncul dari masuknya bahan kimia tertentu ke tubuh, pola makan, hingga infeksi bakteri maupun virus.

Di sisi lain, jahe juga mempunyai antioksidan yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung, penyakit neurodegeneratif, seperti parkinson, alzheimer, sampai huntington. Bahkan, ada sebuah budaya penggunaan jahe di hampir seluruh dunia yakni meminum air rebusan jahe saat mengeluh gangguan pencernaan seperti muntah dan mual.

Meski begitu, di balik sejumlah khasiat yang ditemukan, para ahli masih membutuhkan riset lebih luas untuk memastikan keterkaitan keduanya tidak hanya sebatas efek plasebo.

Risiko untuk Kelompok Tertentu

Dikutip dari Healthline, rupanya meminum air rebusan jahe tidak disarankan pada segala kondisi. Ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang dianjurkan untuk menghindari lebih dulu kebiasaan ini, terutama mereka yang sedang dalam perawatan medis.

Bagaimanapun, seperti halnya ramuan atau suplemen lain, ada kemungkinan interaksi buruk dengan obat lain yang mungkin diminum.

Efek samping air rebusan jahe memang jarang terjadi, tetapi bisa muncul jika dikonsumsi berlebihan meliputi:
  • maag
  • sakit perut
  • sensasi rasa terbakar di mulut
Pakar menyarankan jangan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe setiap hari dalam bentuk apa pun.

Siapa yang Perlu Membatasi?

Orang dengan penyakit jantung, diabetes, dan batu empedu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe sebagai suplemen. Kelompok ibu hamil, menyusui, atau mereka yang akan menjalani operasi juga disarankan untuk menunda dulu meminum air rebusan jahe.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Kelompok yang Sebaiknya Tunda Dulu Minum Air Rebusan Jahe"