Hagia Sophia

23 March 2024

Berbagai Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi sayuran hijau yang mengandung vitamin K. Foto: Getty Images/Muhla1

Vitamin K merupakan salah satu sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, vitamin K memproduksi protrombin, yaitu protein yang berfungsi dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Mengutip laman Medical News Today, Vitamin K terdiri dari dua jenis, yaitu K1 (phylloquinone) yang terdapat dari sayuran hijau dan K2 (menaquinone) yang bisa didapat dari sejumlah makanan hewani dan fermentasi.

Baik vitamin K1 dan K2 memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat vitamin K? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat vitamin K yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Menurut sejumlah studi, vitamin K diyakini dapat mencegah osteoporosis, menguatkan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mengurangi risiko patah tulang.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Masih mengutip Medical News Today, vitamin K dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, vitamin ini dapat meminimalisir terjadinya mineralisasi.

Sebagai informasi, mineralisasi merupakan kondisi ketika mineral menumpuk di pembuluh darah. Hal ini dapat membuat jantung memompa darah dengan bebas ke seluruh tubuh.

Pada umumnya, mineralisasi terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Kondisi tersebut menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung di usia lanjut.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif
Manfaat lain dari vitamin K adalah dapat meningkatkan fungsi memori otak, terutama pada orang lanjut usia. Dalam sebuah penelitian, seseorang berusia 70 tahun ke atas dengan kadar vitamin K1 dalam darah yang tinggi memiliki kinerja memori cukup baik.

4. Pembekuan Darah
Apabila seseorang mendapat vitamin K harian secara cukup, maka darah akan menggumpal secara normal. Perlu diketahui, proses pembekuan darah terbilang rumit karena setidaknya butuh 12 protein. Nah, empat protein di antaranya didapat dari vitamin K.

Dikutip Healthline, vitamin K juga dapat mempercepat penyembuhan luka memar di tubuh akibat terjatuh atau terbentur benda keras.

5. Meningkatkan Kesehatan Gigi
Manfaat selanjutnya dari vitamin K adalah dapat meningkatkan kesehatan gigi. Hal ini karena vitamin K berfungsi mengaktifkan osteokalsin yang mengikat kalsium ke gigi. Nah, osteokalsin aktif dapat merangsang pertumbuhan gigi baru serta meningkatkan kesehatan gigi.

6. Mengurangi Risiko Kanker
Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi vitamin K diyakini lebih kecil terserang kanker. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin K2 dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati setelah pengobatan.

Meski begitu, para peneliti membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengungkap manfaat tersebut secara akurat.

Makanan yang Mengandung Vitamin K

Ternyata, ada cukup banyak makanan yang mengandung vitamin K, bahkan bisa didapat secara mudah. Apa saja makanan tersebut? Simak di bawah ini:
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan buncis
  • Buah-buahan seperti kiwi, blueberry, dan stroberi
  • Minyak nabati
  • Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang kedelai
  • Telur
  • Daging

Bolehkah Mengkonsumsi Suplemen Vitamin K?

Saat ini sudah banyak yang menjual suplemen vitamin K di pasaran. Sayangnya, sejumlah orang membeli suplemen tersebut tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mengutip Web MD, disarankan untuk tidak mengkonsumsi suplemen vitamin K kecuali jika dokter telah memberikan rekomendasi. Sebaiknya, konsumsi vitamin K dari sumber alami seperti sayuran, buah, dan daging karena dinilai lebih sehat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Manfaat Vitamin K bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Tulang-Gigi"