Hagia Sophia

23 March 2024

Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk Saat Puasa

Ilustrasi mengantuk (Foto: iStockphoto/Getty Images/torwai)

Perubahan pola tidur selama berpuasa kerap kali membuat sebagian orang mudah mengantuk saat melakukan aktivitas sehari-hari. Selama bulan puasa, seseorang perlu bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur sehingga kerap membuat jam tidur menjadi berkurang.

Hal ini tentu bisa menghambat produktivitas, sehingga penting untuk melakukan berbagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa.

Spesialis penyakit dalam dari RS Abdi Waluyo, dr Yuhana Fitra, SpPD, menjelaskan hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghindari rasa kantuk pada waktu berpuasa adalah jangan tidur terlalu larut malam. Menurutnya hal ini dilakukan agar mendapat tidur yang berkualitas dan ketika bangun sahur, tubuh dalam kondisi segar.

Kemudian pada waktu siang hari setelah menjalani ibadah salat, dr Yuhana menyarankan beristirahat kurang lebih 30 menit untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Jangan lupa juga untuk berolahraga sebelum berbuka puasa.

"Sebelum berbuka puasa, manfaatkan waktu ngabuburit untuk olahraga ringan, atau sekedar berjalan kaki, supaya tidak ngantuk," ucapnya saat berbincang dengan detikcom, Rabu (20/3/2024).

"Nah, poin yang pentingnya adalah, makanan sahur dan juga makanan berbuka," katanya.

dr Yuhana juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan diet seimbang untuk mencegah rasa ngantuk pada waktu puasa. Apabila mengonsumsi karbohidrat, usahakan makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah hingga gandum.

Selain karbohidrat, protein berupa daging, tahu, dan tempe, termasuk lemak sehat seperti ikan salmon, alpukat, dan minyak zaitun, juga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayur dan memenuhi cairan yang cukup.

"Kadang-kadang cairan kita minum teh manis atau minum kopi, sebaiknya hindari kafein atau mengandung kafein. Upayakan cairan yang dikonsumsi adalah air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang di siang hari dan menjadi simpanan untuk pada waktu teman-teman berpuasa nanti," imbuhnya.

"Jadi supaya tidak mengantuk nutrisinya harus seimbang, tidur jangan terlalu malam, jangan begadang, sahur tetap dilaksanakan, bila memungkinkan istirahat sejenak di siang hari, dan pada waktu sangat mengantuk sekali menjelang berbuka, jalan kaki supaya ada energi sedikit, ada aktivitas dan tidak jadi ngantuk," imbuhnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Catat! Tips dari Internis Biar Nggak Ngantukan saat Puasa"