Hagia Sophia

23 March 2024

Beberapa Obat Alami yang Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadits

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/egal)

Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang berisi seluruh ajaran lengkap yang diberikan Allah SWT. Tidak hanya untuk urusan agama dan kehidupan, Al-Qur'an juga memiliki pedoman tentang obat-obatan alami.

Obat alami sejak lama menjadi pilihan alternatif yang digunakan oleh banyak orang. Selain mudah didapat, obat-obatan alami cenderung minim efek samping sehingga tidak berisiko bagi kesehatan.

Lalu, apa saja obat alami yang namanya disebut dalam Al-Qur'an? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Tin
Dalam Al-Qur'an, ada satu surah bernama At-Tin yang berarti buah tin. Dalam surah tersebut, Allah SWT bersumpah atas nama buah tin dan buah zaitun, sebagaimana yang tertulis dalam ayat pertama dan kedua dari surah tersebut.

Dalam tradisi Islam, apapun yang namanya digunakan untuk bersumpah oleh Allah SWT memiliki keagungan atau kepentingan yang melekat padanya.

Dari sisi kesehatan, buah tin sendiri memiliki beragam manfaat. Dikutip dari laman Health, buah tin mengandung antioksidan yang dapat melindungi organ tubuh dari efek radikal bebas.

Tak hanya itu, buah tin juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah sistem pencernaan.

2. Zaitun
Selain disebut dalam Surah At-Tin, buah zaitun juga disebut beberapa kali dalam Al-Qur'an melalui surah berbeda. Salah satunya adalah Surah Al-Mu'minun ayat 20 yang memberitahu tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

"(Kami tumbuhkan) pohon (zaitun) yang tumbuh di Bukit Sinai, yang menghasilkan minyak dan lauk-pauk pembangkit selera bagi orang-orang yang makan," (QS Al-Mu'minun ayat 20).

Minyak zaitun sendiri memang dikenal sebagai alternatif yang lebih sehat untuk memasak. Dikutip dari Healthline, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) dan antioksidan yang membantu meredakan peradangan. Sejumlah penelitian juga menyebut minyak zaitun berpotensi melindungi dari risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Kurma
Kurma dimuat sebanyak 20 kali dalam Al-Qur'an, menjadikannya tumbuhan yang paling banyak disebutkan dalam kitab suci umat Islam.

Misalnya, pada Surah Maryam ayat 23-25. Ayat tersebut mengkisahkan tentang rasa sakit yang dialami Maryam sebelum melahirkan. Di tengah kesakitannya, dia pun menemukan pohon kurma dan bersandar pada pangkal pohon tersebut.

Kemudian melalui malaikat Jibril, Allah SWT memerintahkan Maryam untuk menggoyang pangkal pohon itu sehingga jatuhlah buah kurma yang telah matang untuk dimakan sebagai obat rasa sakit ketika melahirkan.

Selain kaya akan serat dan antioksidan, beberapa penelitian menunjukkan buah kurma memiliki khasiat dalam menunjang fungsi otak dan melancarkan persalinan.

4. Pisang
Dalam Surah Al-Waqi'ah, dijelaskan tentang orang-orang yang mendapat rahmat surga Allah SWT. Salah satunya menyebut tentang buah pisang yang dimakan oleh orang-orang di surga.

"Golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu. (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, pohon pisang yang (buahnya) bersusun-susun, naungan yang terbentang luas, air yang tercurah, buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti berbuah dan tidak terlarang memetiknya," (QS Al-Waqi'ah 27-33).

Pisang sendiri merupakan salah satu buah yang terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan. Pisang mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tak hanya itu, kalium juga membantu mengatur tekanan darah, menjaga fungsi ginjal, dan mengurangi risiko diabetes.

Selain kalium, pisang juga mengandung karbohidrat, serat, dan vitamin yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh.

5. Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah yang sejak lama dimanfaatkan sebagai obat alami. Khasiat jahe tersebut juga disebut dalam Surah Al-Insan ayat 17-18.

"Di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe (yang didatangkan dari) sebuah mata air (di surga) yang dinamakan Salsabil," (QS Al-Insan 17-18).

Khasiat jahe tak lepas dari kandungan antioksidan dan gingerol yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut membuat jahe kerap diolah sebagai obat untuk meredakan peradangan dan penyakit akibat infeksi, seperti flu dan batuk.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan jahe memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, dua faktor risiko dari penyakit jantung.

6. Habbatus sauda
Habbatus sauda atau jintan hitam berasal dari tanaman tropis di Timur Tengah dan sudah digunakan sebagai obat alami sejak ribuan tahun lalu.

Pada kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, ada dua hadis yang memuat tentang keutamaan jintan hitam.

"Diriwayatkan dari Aisyah bahwa dia mendengar Nabi saw bersabda: "Sesungguhnya al-Habbah as-Sauda' ini adalah kesembuhan (obat) dari setiap penyakit kecuali dari as-Sam". Kataku (Aisyah): Apa itu as-Sam? Jawab Nabi saw: 'Kematian'," (HR Bukhari).

Dikutip dari Healthline, habbatus sauda atau Nigella sativa mengandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi. Sehingga, tumbuhan ini dapat membantu meredakan peradangan.

Selain itu, habbatus sauda juga disebut memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, memperkuat imun tubuh, serta melindungi fungsi otak.

7. Madu
Madu sejak lama sudah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Manfaat madu pun dimuat dalam Surah An-Nahl ayat 69.

"Kemudian, makanlah (wahai lebah) dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan-jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)." Dari perutnya itu keluar minuman (madu) yang beraneka warnanya. Di dalamnya terdapat obat bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir," (QS An-Nahl 69).

Madu mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu meredakan peradangan serta penyakit seperti batuk dan pilek. Beberapa penelitian juga mengkaitkan khasiat madu dalam menjaga kestabilan gula darah dan memelihara kesehatan jantung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Obat Alami yang Disebut dalam Al-Qur'an dan Hadits, Ini Khasiatnya"