Hagia Sophia

23 March 2024

Mana yang Lebih Baik untuk Diet, Jus atau Buah Potong?

Ilustrasi makan buah. Foto: iStockphoto

Buah adalah camilan sehat penuh nutrisi, yang bisa membantu menurunkan berat badan. Tak heran jika buah dikonsumsi dengan berbagai cara selama diet, misal buah potong dan jus.

Tidak salah mengonsumsi jus buah untuk diet. Namun dikutip dari laman Stanford Medicine, makan buah potong ternyata lebih efektif menurunkan berat badan daripada jus buah murni.

Konsumsi jus buah setiap hari menurunkan berat badan hampir 0,223 kg selama 3 tahun. Sementara itu, konsumsi buah utuh setiap hari berhasil menurunkan berat badan dua kali lipat lebih banyak di rentang waktu yang sama.

Kenapa Makan Buah Utuh Lebih Efektif untuk Diet daripada Jus?

1. Kandungan Gula Pada Buah Utuh Lebih Menyehatkan
Penelitian menyebutkan satu porsi (6 ons) jus buah mengandung sekitar 15-30 gram gula pasir dan 60-120 kalori. Kandungan gula yang lebih tinggi dari serat dapat meningkatkan kadar gula darah dan nafsu makan yang akan menyebabkan diet detikers gagal.

Sementara itu tes pada 50.000 ibu hamil selepas menopause yang mengkonsumsi jus buah setiap hari mengalami penambahan berat badan yang signifikan. Kondisi ini setara dengan konsumsi minuman manis dan ringan seperti soda.

2. Serat Buah Utuh Lebih Tinggi daripada Dalam Jus
Proses pembuatan jus akan menurunkan kandungan fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh. Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Kulon Progo, kandungan fitokimia ini hanya ditemui pada buah dan sayur yang berguna sebagai antioksidan dalam pencegahan kanker dan pengaturan gula darah tubuh.

3. Jus Buah Meningkatkan Kadar Gula Darah Tubuh
Meskipun jus buah lebih mudah diserap tubuh, bukan berarti nutrisi yang diperoleh akan terjadi secara instan pula. Proses penyerapan nutrisi yang cepat akan menyebabkan tubuh cepat lapar, sehingga kadar gula darah dapat tiba-tiba naik dan turun secara tiba-tiba.

4. Makan Buah Langsung Tidak Bikin Mudah Lapar
Dikutip dari laman Only My Health, buah utuh lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga memberikan perasaan kenyang lebih lama. Hal ini didorong juga dengan proses mengunyah buah yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

5. Buah Potong Membantu Tetap Merasa Kenyang
Karena konsumsi buah utuh membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu lebih lama, maka hal ini efektif untuk diet karena tidak mendorong konsumsi makanan lain. Detikers dapat mengatur berat badan sekaligus terhindar dari diabetes dan obesitas yang berbahaya bagi tubuh.

Alternatif Selain Buah Potong Untuk Diet

Makan buah potong mungkin kurang menarik atau menimbulkan rasa bosan. Berikut alternatif agar konsumsi buah tidak terasa monoton selama menjalani diet.

1. Membuat Menjadi Smoothies
Dibandingkan membuat jus, detikers dapat mencampurkan beberapa buah utuh menjadi smoothies. Smoothies memiliki ketahanan menjaga serat dan nutrisi buah dengan baik sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Menambahkan Buah Ke Makanan Sehat
Agar nutrisi buah tidak hancur, maka detikers dapat menambahkan buah ke yogurt, oatmeal, atau salad. Selain memperkaya rasa, gizi yang ada pada sepiring makanan juga akan meningkat karena kombinasi bahan yang ada.

Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa buah yang baik untuk menurunkan berat badan:
  • Anggur
  • Apel
  • Berries
  • Plum
  • Cherry
  • Aprikot
  • Markisa
  • Kiwi
  • Melon
  • Jeruk
  • Pisang
  • Alpukat


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jus atau Buah Potong, Lebih Baik yang Mana agar Diet Berhasil?"