Hagia Sophia

12 April 2023

Beberapa Tips untuk Kurangi Mata Minus

Foto: Getty Images/iStockphoto/Arsenii Palivoda

Penggunaan gawai secara terus menerus menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mata minus. Kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Untuk mengurangi mata minus sebenarnya dapat dilakukan dengan tindakan medis atau alami. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Mata Minus?

Dikutip dari American Optometric Association, mata minus atau miopi adalah sebuah kelainan refraktif mata berupa citra yang dihasilkan berada di depan retina ketika mata tidak dalam keadaan akomodasi. Miopia dapat terjadi karena bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea yang terlalu besar sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan secara baik dan objek jauh tampak buram.

Mata minus biasanya dapat terjadi karena beberapa faktor, baik dari faktor genetik, penggunaan elektronik, dan faktor lainnya. Beberapa orang akan merogoh kocek lebih dalam untuk tindakan medis seperti operasi. Namun mata minus juga dapat disembuhkan dengan cara alami.

Cara Mengurangi Mata Minus

Mata minus sebenarnya tidak dapat disembuhkan secara total. Namun, ada tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengurangi mata minus agar tidak semakin parah.

Dilansir dari American Optometric Association, tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengurangi mata minus sebagai berikut.

1. Menggunakan Lensa Korektif
Anda dapat memilih dua macam lensa korektif yaitu, kacamata atau lensa kontak. Alat bantu penglihatan ini tanpa harus melalui prosedur pembedahan.

Lensa kontak digunakan langsung pada selaput mata, sedangkan kacamata digunakan pada bagian luar. Lensa khusus tersebut bekerja dengan mengarahkan fokus cahaya agar jatuh tepat di retina. Dengan begitu, penglihatan pengguna lensa korektif ini jadi lebih jelas.

2. Operasi
Saat kacamata atau lensa kontak dinilai kurang efektif pada tingkat mata minus yang tinggi. Operasi bisa jadi pilihan untuk mengurangi mata minus.

Salah satu jenis operasi yang paling umum untuk mengurangi minus mata adalah LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis). Pada prosedur ini, dokter terlebih dulu akan membuat sayatan kecil di kornea mata pasien. Lalu lapisan tipis yang berada di tengah kornea akan diangkat menggunakan laser, agar bentuk kornea kembali normal dan penglihatan pun membaik.

Cara Merawat Mata Minus Secara Alami

Cara yang paling efektif untuk menyembuhkan kondisi mata minus sebenarnya hanya dengan tindakan medis lasik atau sejenisnya. Namun, kamu bisa menjaga kondisi mata agar tidak makin parah dengan beberapa cara alami berikut.

1. Konsumsi Wortel
Sudah rahasia umum jika wortel memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Tapi jangan berharap jika sayuran ini bisa mengurangi minus mata.

"Kalau makan wortel sehari satu kilo, bola matanya berubah atau tidak? ya nggak. Jadi tidak ada hubungan antara makanan dan gangguan kacamata," kata dr Setiyo Budi Riyanto, spesialis mata dari Jakarta Eye Center.

"Mau tiap hari makan wortel, pasti tetap berkacamata kalau tidak dibenahi," sambungnya.

2. Latihan Fokus Menggunakan Telunjuk
memfokuskan penglihatan mata pada suatu titik untuk menjaga mata minus tidak semakin parah. Gunakan jari telunjuk sebagai fokus titik penglihatan kemudian alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk.

Lakukan cara ini tanpa melirik arah lain dan menggeser kepala. Ulangi hingga 10 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam merawat mata.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus secara efektif. Jika ragu, silahkan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mengurangi Mata Minus yang Efektif"