Hagia Sophia

12 April 2023

Selain Banyak Gula dan Sedikit Nutrisi, SKM Juga Pengaruhi Kebiasaan Anak Saat Makan

Foto: Shutterstock

Efek susu kental manis jika dikonsumsi oleh bayi nyatanya bukan hanya berpengaruh pada kecukupan nutrisi. Sebagaimana diketahui, susu kental manis tidak dianjurkan untuk bayi karena memiliki banyak kandungan gula dan sedikit nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhannya.

Awal tahun ini masyarakat dihebohkan bayi obesitas seberat 27 kg padahal usianya baru 16 bulan di Bekasi, Jawa Barat. Sang ibu mengatakan bahwa bayi bernama Kenzie tersebut mengonsumsi kental manis alih-alih ASI eksklusif.

Namun, ternyata ada efek lain yang dapat berimbas pada bayi selain soal obesitas yakni, dapat mempengaruhi kebiasaan anak saat makan.

Berdasarkan Ahli Nutrisi dari Nutrition Society Malaysia (NSM) Foo Kai Li, bayi yang diberikan susu kental manis memiliki pertumbuhan lambat, kekurangan nutrisi, hingga mempengaruhi ke pertumbuhan gigi. Anak tersebut juga akan lebih menyukai makanan manis, dan hal itu menjadikannya pilih-pilih makanan.

"Karena kekurangan nutrisi penting yang lengkap, bayi yang diberi susu kental manis mungkin mengalami pertumbuhan terhambat dengan kekurangan nutrisi terkait lainnya. Terlebih lagi, itu akan mempengaruhi gigi mereka yang baru tumbuh, dan mengembangkan preferensi rasa, terutama menjadi penyuka makanan manis, yang mengarah ke pemilih makanan di masa depan," tulis Foo Kai Li dimuat dalam popomamaconfinement dan dikutip detikHealth, Rabu (12/4/2023).

Foo Kai Li mengungkapkan susu kental manis bukanlah sumber energi dan nutrisi untuk bayi. Ia menyarankan agar orang tua memberikan ASI eksklusif atau setidaknya susu formula yang memang dikhususkan untuk bayi.

"Susu kental manis bukanlah susu yang tepat untuk sumber energi dan nutrisi utama bayi. Jangan pernah memberi makan bayi terutama yang berusia di bawah dua tahun dengan susu kental manis, meskipun namanya mungkin terdengar menjanjikan dengan label 'susu'," pungkasnya.

Meski demikian, penyebab utama obesitas pada Kenzie hingga kini masih terus diteliti. Kementerian Kesehatan melalui tim RSCM terus mencari penyebab pasti kasus obesitas yang dialami Balita Kenzie. Dugaan awal penyakit dipicu oleh kelainan genetik.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ahli Nutrisi Sebut Kental Manis Bisa Bikin Anak Pilih-pilih Makanan"