Hagia Sophia

12 April 2023

Inikah yang Membuat Kasus COVID-19 Naik Terus?

Ilustrasi COVID-19 di DKI. (Foto: Grandyos Zafna)

Varian Arcturus dikhawatirkan ikut memicu lonjakan kasus COVID-19 di DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan sebulan terakhir tren peningkatan harian COVID-19 di DKI terpantau meningkat.

Namun, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dr Ngabila Salama memastikan belum ada bukti keterkaitan antara kemungkinan kemunculan varian Arcturus dan peningkatan kasus.

"Situasi sangat terkendali di DKI Jakarta, karena walau tren kasus COVID-19 di Jakarta, naik dalam satu bulan terakhir, tapi tidak disertai kenaikan kematian dan perawatan rumah sakit." jelas dr Ngabila kepada detikcom Selasa (11/4/2023).

"Belum dapat dibuktikan adanya efek dari varian baru karena Arcturus belum ditemukan di DKI Jakarta. Kami akan perkuat genome sequencing untuk semua kasus positif yang ditemukan di Jakarta dari laboratorium kesehatan masyarakat dan swasta," sambungnya.

dr Ngabila meminta masyarakat tidak panik. Alih-alih panik, dr Ngabila meminta masyarakat untuk segera melanjutkan vaksinasi COVID-19 booster.

Vaksinasi booster bisa meningkatkan imunitas yang kemungkinan besar menurun pasca enam bulan vaksinasi sebelumnya.

"Apapun variannya masyarakat jangan panik, perkuat imunitas dengan pola hidup sehat dan imunisasi. Cegah sakit tetap lebih baik dengan disiplin bermasker terutama jika sedang sakit atau berdekatan dengan orang sakit," sebut dia.

"Kasus meningkat ditemukan di puskesmas (komunitas) level penularan di keluarga yang utama. Lengkapi vaksinasi segera (dosis 4) untuk usia 18 th ke atas utk mencegah kematian," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus COVID-19 DKI Naik Sebulan Terakhir, Gegara Varian Arcturus?"