Hagia Sophia

12 April 2023

Ini Bahayanya Kalau Hanya Minum Air Putih Saja Sahut Sahur

Apa risiko yang dihadapi bila hanya minum air ketika sahur? Begini penjelasan ahli. (Foto: Thinkstock)

Sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa terkadang memilih untuk sahur dengan hanya minum air putih. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tidak sempat menyiapkan makanan, diet, malas makan, bahkan terlewat waktu sahur akibat jam tidur yang terlalu malam.

Padahal, makan sahur sangat dianjurkan karena memberikan energi dan memperkuat metabolisme tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut ahli gizi, Mifta Novikasari, melewatkan makan sahur sangat tidak dianjurkan. Perlu adanya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang infeksi dan lemas. Apalagi, hanya mengisi perut dengan mengonsumsi banyak air putih dengan harapan dapat menjaga rasa haus saat puasa.

"Waduh jangan, karena kasihan tubuhnya, makan itu kan kita sudah memberikan nutrisi untuk tubuh," kata Mifta dalam sebuah acara di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Meskipun air putih dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur, perlu adanya asupan lain yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, Mifta merekomendasi untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan mineral agar tubuh optimal dalam menjalani ibadah puasa.

"Kadang malas tapi usahakan tetap sahur, karena ini adalah cara kita membantu tubuh kita untuk mendapatkan asupan nutrisi," tambahnya.

Mengonsumsi banyak air putih dan melewatkan makan saat sahur justru membuat tubuh rentan terhadap infeksi. Tak hanya itu, hal ini juga bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas, meningkatkan risiko dehidrasi dan kelaparan saat berpuasa, mengalami rasa sakit kepala, bahkan pingsan.

"Kita berpuasa, daya tubuh kita juga rentan. Kalau misalnya kita tidak mendapatkan sumber energi yang cukup, tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, kita akan lemas dan gampang sekali infeksi masuk ke tubuh," tutupnya.

Maka dari itu, penting menjaga pola makan sahur dengan makanan seimbang seperti karbohidrat, lemak, protein hewani dan nabati, buah dan sayuran, vitamin, serta mineral untuk membantu asupan gizi harian tubuh. Selain itu, pilihlah karbohidrat kompleks dalam menu makan sahur karena makanan ini dapat dicerna lebih lama sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama dan memberikan energi bagi tubuh agar siap menjalani hari.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Catat, Begini Risikonya Jika Cuma Minum Air Putih saat Sahur"