Hagia Sophia

12 April 2023

Jangan Minum Kopi di Saat Sahur, Ini Alasannya

Ternyata ini alasan sahur bukan waktu yang tepat untuk minum kopi. (Foto: Shutterstock)

Ketika sahur, orang mengisi energi dengan menyantap berbagai makanan berat. Bagi pecinta kopi, mengonsumsi minuman ini rasanya tidak bisa ditinggalkan saat sahur, terlebih dalam beberapa jam ke depan harus menahan haus dan lapar.

Waktu terbaik untuk minum kopi selama bulan Ramadan ternyata bukan saat sahur. Di waktu ini, minum kopi justru bisa menimbulkan efek dehidrasi. Mengapa?

Dokter spesialis gizi dr Christopher Andrian, MGizi, SpGK dari RS Siloam TB Simatupang mengatakan sahur bertujuan untuk memenuhi kebutuhan harian selama puasa. Jika hanya mengonsumsi kopi atau teh, kebutuhan harian tidak akan tercukupi.

Kopi dan teh bisa memicu efek diuretik. Oleh sebab itu, ia menganjurkan untuk membarengi kopi dan teh dengan asupan cairan lain.

"Diuretik membuat pipis terus. Minum kopi saat sahur. Habis itu pipis, pipis, pipis. Saat puasanya, dehidrasi. Haus banget. Kering. Itu akan membuat risiko juga, baik dari kopi atau teh karena sama-sama kafein," ungkap dr Christopher kepada detikcom, Jumat (17/3/2023).

Senada, dokter spesialis gizi dr Beatrice Anggono, SpGK dari RS Royal Progress menjelaskan kopi memiliki efek diuretik yang meningkatkan risiko dehidrasi. Bagi orang yang memiliki riwayat sakit tertentu, disarankan untuk menghindari kopi saat sahur.

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan untuk minum cukup air putih kala sahur agar tubuh tetap segar bugar.

"Mungkin sekarang banyak ya kata-kata '2-4-2'. Jadi minum air 2 saat sahur, 4 gelas saat berbuka, kemudian 2 gelas lagi saat tarawih dan sebelum tidur. Ini minimal harus dipenuhi jadi nanti bisa bantu bugar pada saat berpuasa," jelas dr Beatrice kepada detikcom, Jumat (24/3/2023).

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

Spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi, dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH, FINASIM dari RS Brawijaya Depok mengungkapkan waktu yang tepat untuk minum kopi selama bulan Ramadan.

Orang yang tidak memiliki kondisi atau penyakit tertentu, misalnya gangguan saluran pencernaan (maag) dapat mengonsumsi kopi sesaat setelah buka puasa. Sebaliknya, orang yang memiliki kelainan atau penyakit di saluran cerna dianjurkan menghindari kopi.

"Kenapa disarankan waktu berbuka karena saat sahur ditakutkan saat di tengah hari tiba-tiba terjadi gangguan perut seperti maag yang akan mengakibatkan batalnya puasa," ujar dr Aru kepada detikcom, Senin (27/3/2023).

Ia menambahkan, sebelum berbuka dengan kopi, perut harus terisi dulu oleh makanan. Perut kosong yang langsung diisi kopi menimbulkan risiko gangguan lambung.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tahan Dulu, Ini Alasan Sahur Bukan Waktu yang Tepat untuk Ngopi"