Hagia Sophia

15 November 2023

Penyebab Wajah Terlihat Tua, Walau Usia Masih 20-an

Penyebab wajah terlihat lebih tua (Foto: iStock)

Memiliki wajah awet muda menjadi dambaan banyak orang. Berbagai cara pun dilakukan agar kulit lebih muda dari usianya.

Namun ada beberapa hal yang ternyata bisa bikin wajah terlihat tua meski masih usia 20-an. Bukan cuma karena kesalahan saat memilih makeup, beberapa kebiasaan juga bisa memicu wajah terlihat lebih tua.

Berikut sederet kebiasaan yang bikin 'wajah boros' di usia muda.

1. Nggak pakai sunscreen
Mengutip Men's Health, nggak pakai sunscreen menjadi penyebab terbanyak wajah terlihat tua dan keriput. Hal ini karena paparan sinar UV memicu radikal bebas yang bisa merusak kolagen, elastisitas dan sel kulit.

"Ini menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerutan, bintik hitam, dan berkembangnya kanker kulit. Bahkan paparan sinar matahari dalam jumlah kecil setiap hari juga berpengaruh," kata Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.

2. Kurang tidur
Tidur dapat membantu seseorang terlihat lebih muda lebih lama. Sel-sel kulit kita berfungsi berdasarkan ritme sirkadian, mirip dengan siklus tidur-bangun yang membuat kita lelah di malam hari dan membangunkan kita di pagi hari.

Pada malam hari, sel-sel ini bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang dialami pada siang hari, katanya, seperti terkena sinar matahari, polusi, atau jerawat. Kurang tidur akan mengganggu seluruh proses, dan kulit tidak dapat bersiap untuk hari berikutnya.

Kurang tidur memicu kulit menjadi stres dan tidak mampu menyelesaikan proses perbaikan, yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya sel-sel sehat dan penuaan dini.

3. Kebanyakan makan manis
Camilan yang manis dan bertepung akan meningkatkan kadar gula darah serta memicu peradangan dan jerawat. Mengatasi jerawat demi jerawat dapat menimbulkan jaringan parut permanen, baik berupa benjolan pada kulit yang tertekan atau menonjol akibat kerusakan kolagen.

Meski hilang, bekasnya biasanya bertahan lebih lama, mirip bintik matahari yang cenderung membuat wajah terlihat lebih tua.

4. Sering stres
Menurut sebuah penelitian tahun 2004, stres jangka panjang memperpendek bagian kromosom kita yang disebut telomer. Struktur ini secara alami memendek seiring bertambahnya usia. Stres jangka panjang membuat mereka semakin pendek dan menyebabkan tubuh menua lebih cepat.

Tentu saja, kadang-kadang tidak mungkin untuk tidak khawatir, tetapi hal itu menjadi masalah ketika stres mengambil alih hidup seseorang. Dr Warren Willey merekomendasikan untuk menghadapi situasi stres dengan bermeditasi selama 10 menit sehari.

"Sadarilah bahwa Anda tidak dapat mengendalikan sebagian besar hal dalam hidup Anda, jadi luangkan waktu dan bernapaslah," katanya kepada MensHealth.com.

5. Jarang minum
Dehidrasi benar-benar berdampak buruk pada tubuh. Tak hanya bisa bikin pusing, lupa minum air juga dapat membuat kulit terlihat lebih tua.

"Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda akan menarik air dari jaringan Anda, dari kulit Anda untuk mempertahankan konsentrasi dalam darah Anda," jelas kepala editor kesehatan dan medis ABC News, Dr Richard Besser.

"Jika hal tersebut terjadi, mata akan terlihat cekung, kulit akan terasa lebih kering, tidak lagi elastis sehingga Anda akan terlihat jauh lebih tua," tandasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Penyebab 'Wajah Boros' dan Terlihat Tua Meski Masih Usia 20-an"