Hagia Sophia

15 November 2023

Beberapa Minuman yang Baik untuk Jaga Kadar Gula Darah

Ilustrasi minuman untuk kontrol gula darah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Thirawatana Phaisalratana)

Kadar gula darah seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, tetapi juga minuman. Walhasil, bukan hanya asupan makanan manis yang perlu dikontrol oleh pengidap diabetes, melainkan juga minuman manis yang kerap kali, tak disadari mengandung gula dalam kadar tinggi.

Di samping itu, memilih minuman yang tepat dapat membantu seseorang menghindari lonjakan gula darah, mengontrol gejala diabetes, dan menjaga berat badan idea. Lantas, minuman apa saja sih yang baik untuk menjaga kadar gula darah?

Dikutip dari Eating Well dan Healthline, berikut adalah daftar-daftarnya.

1. Air putih
Minuman tak berkalori ini adalah pilihan terbaik sebagai sumber hidrasi tubuh, terutama pada pengidap diabetes. Jika tubuh terhidrasi dengan cukup, gula darah akan terkontrol dengan baik. Air putih juga tidak akan meningkatkan tingkat gula darah dalam tubuh.

Sebuah hasil tinjauan sistematis dan meta-analisis pada 2021 dalam Diabetes & Metabolic Syndrome menunjukkan, terdapat kaitan antara konsumsi air putih dengan risiko diabetes tipe 2 yang 6 persen lebih rendah. Bahkan, air putih meningkatkan volume darah sehingga mendorong pelepasan asam amino yang mempengaruhi regulasi gula darah.

2. Teh
Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek positif terhadap kesehatan secara umum.

Sebuah penelitian besar pada 2021 terhadap lebih dari setengah juta orang menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Variasi jenis teh seperti teh hijau, hitam, putih, atau oolong boleh menjadi pilihan. Yang penting, hindari teh yang mengandung gula tambahan. Untuk rasa yang lebih menyegarkan, buatlah es teh sendiri atau bisa juga tambahkan beberapa potong lemon.

3. Kopi
Penelitian menunjukkan bahwa meminum kopi secara teratur memiliki kaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Pasalnya, senyawa tanaman fitokimia dalam kopi dapat mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas sehingga melindungi dari perkembangan perlemakan hati dan menjaga fungsi insulin, yakni pengatur utama gula darah.

Seperti halnya pada teh, penting untuk mengonsumsi kopi tanpa pemanis. Sebab, menambahkan susu, krim, atau gula ke dalam kopi akan meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan dapat mempengaruhi kadar gula darah.

4. Susu rendah lemak
Susu mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein susu, pilihlah susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim dan batasi konsumsinya.

5. Jus tomat
Jus tomat merupakan pilihan yang tepat sebagai minuman berasa namun relatif aman untuk gula darah. Serat dalam tomat dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi setelah makan.

Dalam uji coba terkontrol yang mengevaluasi 25 wanita sehat, mereka yang minum sekitar 200 ml jus tomat 30 menit sebelum mengonsumsi sarapan yang dipenuhi karbohidrat mengalami kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan dibandingkan dengan yang hanya minum air putih. Adapun penelitian ini dipublikasikan pada 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Minuman Terbaik untuk Kontrol Gula Darah, Cocok buat Pengidap Diabetes"