Hagia Sophia

15 November 2023

Kasus Pasien Cacar Monyet di Jabar

Ilustrasi kasus Mpox. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu penyumbang kasus cacar monyet atau Mpox di Indonesia. Ada lima kasus yang tercatat, satu pasien pertama kali teridentifikasi di Kota Bandung, sementara kasus terakhir mulai muncul di wilayah Cirebon.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyebut baru ada satu kasus di antaranya yang dinyatakan sembuh yakni pasien di Kota Bandung. Sebelumnya, yang bersangkutan sempat dirawat di RS Hasan Sadikin.

"Cacar monyet di Jabar ada lima kasus, yang satu dirawat di RSHS dan sudah keluar. Kemudian dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Bekasi, jadi masih ada empat yang sakit," sebut dia, dikutip dari Antara, Selasa (14/11/2023).

Pemerintah setempat belum menetapkan status darurat maupun kejadian luar biasa (KLB) Mpox. Terlebih, penyebarannya tidak secepat COVID-19. Dirinya hanya meminta masyarakat untuk selalu melakukan perilaku pola hidup bersih dan sehat.

"Yang penting semua RS sudah siap siaga dan tidak boleh menolak pasien," terang dia.

Kasus Mpox di RI tersebar di mana saja? Berikut rinciannya:
  • DKI Jakarta: 33 kasus
  • Jawa Barat: 5 kasus
  • Banten: 5 kasus
  • Kepulauan Riau: 1 kasus




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini 5 Pasien Cacar Monyet di Jabar, Baru 1 Orang yang Sembuh"