Hagia Sophia

25 January 2024

Hasil Riset: Sering Jalan Kaki Efektif untuk Atasi Darah Tinggi

Manfaat jalan kaki untuk hipertensi. (Foto: Dikhy Sasra)

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang kerap tidak disadari gejalanya. Jika semakin parah, kondisi ini bisa memicu penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Dikutip dari Medical News Today, hipertensi terjadi saat tekanan sistolik berada di atas 130 mmHg dan tekanan diastolik berada pada 80 mmHg, atau bisa lebih tinggi. Seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi yang tidak terkendali bisa merusak organ tubuh, seperti jantung, otak, ginjal, hingga mata.

Meski begitu, kondisi ini masih bisa dikendalikan. Salah satunya dengan berjalan kaki. Bagaimana caranya?

Jalan kaki merupakan aktivitas sederhana yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Dikutip dari laman Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, berjalan kaki bisa memberikan manfaat yang cukup banyak. Mulai dari meningkatkan kerja otot-otot, fungsi peredaran darah, hingga elastisitas pembuluh darah.

Dengan begitu, darah yang dipompa oleh jantung akan meningkat karena fungsi jantung lebih efisien.

Selain itu, berjalan kaki juga mampu membantu mengurangi terjadinya penggumpalan darah, meningkatkan ketahanan terhadap stres, membantu menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi obesitas.

Bagaimana Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Berjalan Kaki?

Sebuah penelitian menunjukkan jalan kaki bisa menurunkan hipertensi saat dilakukan secara teratur selama 30 menit. Ini rutin dilakukan dalam jangka waktu 6 minggu, dengan frekuensi tiga kali per minggu.

Meski banyak faktor yang bisa mempengaruhi tekanan darah, dengan berjalan kaki selama 30 menit secara rutin bisa menjadi alternatif untuk mengendalikan tekanan darah.

Berjalan kaki saja mungkin tidak bisa mengembalikan tekanan darah menjadi normal dalam waktu singkat. Hal itu perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat, menghindari kebiasaan merokok, mengendalikan konsumsi garam dan lemak jenuh, menghindari stres, hingga mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Harus Seberapa Sering Jalan Kaki Biar Efektif Atasi Hipertensi? Ini Risetnya"