Hagia Sophia

25 January 2024

Perusahaan Asal Austria Sedang Merancang Kapal Selam Super Mewah

Kapal Selam Super Mewah, Punya Kolam Renang hingga Bioskop. Foto: Migaloo

Miliarder seperti Jeff Bezos dan Roman Abramovich sudah melintasi perairan dunia dengan kapal pesiar terapung raksasa yang dikenal sebagai superyacht. Tapi bagaimana kalau mereka ingin kapal mewahnya berada di bawah permukaan air karena ingin mengagumi kedalaman laut?

Sebuah perusahaan desain asal Austria mungkin bisa mewujudkan impian ini. Mereka merancang kapal selam super pertama di dunia, yang digambarkan sebagai 'masa depan kapal pesiar'.

Berukuran panjang 165 meter, kapal selam yang diberi nama Migaloo M5 ini dapat menampung 20 penumpang dan 40 awak kapal di kedalaman air selama empat minggu.

Tempat ini dilengkapi dengan kolam renang, gudang minuman anggur, dan bioskop. Namun dengan biaya pembangunan sebesar USD 2 miliar (Rp 31,3 triliun), tempat ini hanya diperuntukkan bagi kaum elit dunia. Migaloo M5 dapat menyelam hingga kedalaman 250 meter, lebih dari setengah kedalaman Titanic.

Kapal dengan desain ambisius ini dirancang oleh perusahaan desain Migaloo, yang berbasis di Graz, Austria. Adapun nama Migaloo diambil dari paus bungkuk albino terkenal di dunia dan sering terlihat di pesisir timur Australia saat sedang melakukan migrasi tahunannya.

"Target kami adalah miliarder visioner dengan atau tanpa pengalaman superyacht yang ingin merasakan pengalaman dan petualangan luar biasa yang eksklusif tanpa mengesampingkan keselamatan," kata CEO Migaloo, Christian Gumpold, dikutip dari Daily Mail.

"Karena ini merupakan pengembangan yang benar-benar baru, proyek semacam ini akan memerlukan sumber daya keuangan yang sesuai, memerlukan banyak waktu untuk desain, konstruksi dan pembangunan serta memerlukan banyak keputusan," sebutnya.

Menurut Gumpold, perusahaannya saat ini sedang melakukan negosiasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk membangun kapal selam tersebut, namun ia menolak menyebutkan nama mereka.

Gambar desain tampilan kapal selam tersebut memperlihatkan kapal selam putih dan ramping yang benar-benar bertentangan dengan kapal selam kelas Vanguard milik Royal Navy.

Namun sama seperti kapal selam lainnya, kapal ini dapat beroperasi di permukaan sebelum menyelam di bawah air. Kolam renang di kedua sisi kapal terbentang di atas air sementara kapal selam masih berada di permukaan.

Tapi seperti di Thunderbirds, kolam ini dapat dimasukkan kembali ke badan kapal sebelum menyelam. Bahkan, terdapat helipad untuk menerima tamu yang datang menggunakan helikopter.

Penurunan saat kapal akan menyelam dipicu ketika tangki penyimpanan besar di kapal, disebut tangki pemberat, diisi dengan air untuk mengurangi daya apung.

Sementara itu, interior mewahnya sebagian besar dibalut emas serta dilengkapi dengan sofa nyaman, kursi berjemur, dan lampu yang bisa disesuaikan dengan suasana.

Selain itu, terdapat sebuah tangga yang akan membawa penumpang ke bawah menuju lambung bertekanan tempat mereka dapat mengagumi kedalaman laut melalui jendela pengamatan.

Sudah menjadi standar bagi perusahaan desain seperti Migaloo untuk membuat render detail dari kreasi imajinasi mereka untuk menarik miliarder dan mewujudkannya.

Kapal selam super mewah Migaloo bukan proyek ambisius pertama mereka. Hampir satu dekade yang lalu, Migaloo meluncurkan konsep pulau pribadi terapung yang dapat dipindahkan ke mana saja, namun hal tersebut belum terealisasi.

Pulau-pulau tersebut dirancang akan memiliki suite penthouse, kolam renang, air terjun, helipad, serta taman vertikal termasuk pohon palem.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Kapal Selam Super Mewah, Punya Kolam Renang Hingga Bioskop"