Hagia Sophia

25 January 2024

Mungkinkah Penyakit Asam Urat Disembuhkan?

Foto ilustrasi: iStock

Penyakit asam urat atau gout adalah peradangan sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Senyawa ini diproduksi tubuh secara alami untuk memecah purin.

Setelah selesai menjalankan fungsinya, asam urat tersebut akan dibuang melalui urine.

Kondisi ini bisa muncul dalam 12 hingga 24 jam dan akan mereda seiring waktu atau saat kadar asam urat atau uric acid menurun. Penyakit asam urat ini bisa kambuh jika pengidapnya tidak memperhatikan pola makan, tidak rutin melakukan pengobatan, dan gaya hidup sehat.

Lalu, apakah penyakit asam urat ini bisa sembuh total?

Serangan asam urat biasanya ditandai dengan nyeri menusuk pada sendi yang menyebabkan kemerahan hingga pembengkakan. Dikutip dari laman Johns Hopkins Arthritis Center, rasa nyeri akibat gout bisa berkembang dengan cepat hanya dalam waktu beberapa jam.

Kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya, tetapi perlu dilakukan perawatan dan pengobatan. Hal ini diperlukan agar kadar asam urat bisa turun dan mencegah terjadinya risiko komplikasi.

Dengan pengobatan yang tepat kondisi ini bisa sembuh dalam waktu lima hingga tujuh hari. Meski rasa nyeri yang muncul itu mulai mereda atau sembuh, tidak berarti penyakit asam urat sudah sembuh total.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), sampai saat ini belum ada obat yang bisa mengatasi penyakit asam urat sampai benar-benar sembuh.

Perawatan dan pengobatan secara medis serta alami yang ada saat ini hanya membantu mengurangi keluhan yang dirasakan pasien. Selain itu, hanya mencegah serangan gout yang parah hingga menghindari kekambuhan.

Dikutip dari laman Arthritis Health, jika seseorang pernah mengalami serangan asam urat, kemungkinan akan bisa muncul lagi dan tidak bisa diprediksi hingga berlangsung lama. Rasa sakit bisa muncul di bagian jempol kaki, sendi di punggung kaki, tumit, pergelangan kaki, hingga lutut.

Jika penyakit asam urat sudah kronis, itu bisa menyebabkan kerusakan sendi permanen dan mengakibatkan kecacatan. Itu yang membuat pengidap asam urat perlu melakukan pengobatan yang tepat untuk mengontrol kadar asam uratnya.

Jika penyakit asam urat kambuh, bagaimana mengatasinya?

Penyakit asam urat memang tidak bisa sembuh secara total. Namun, hal itu masih bisa dikontrol dengan pengobatan dan mengubah pola hidup, seperti:
  • Membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin, seperti seafood, daging merah, jeroan, serta makanan dan minuman manis.
  • Rutin melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga untuk meningkatkan fungsi dan mobilitas sendi.
  • Menjaga berat badan yang ideal untuk mengurangi tekanan pada persendian dan mengurangi rasa nyeri jika terjadi serangan asam urat.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri, baik dijual bebas maupun sesuai resep dokter, seperti ibuprofen.
  • Mengonsumsi obat penurun kadar asam urat, seperti allopurinol dan febuxostat.
  • Jika diperlukan, bisa melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan kristal asam urat berukuran besar (tophi), fusi sendi, atau penggantian sendi.
Meski begitu, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Hal ini untuk mengetahui cara yang tepat dalam mengatasi atau mengendalikan penyakit asam urat yang sering kambuh.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bisakah Penyakit Asam Urat Sembuh Total? Ternyata Begini Faktanya"