Hagia Sophia

25 January 2024

Ini yang Membuat Warga Blue Zone Miliki Harapan Hidup Lebih Panjang

Ilustrasi kesehatan kulit. (Foto: iStock)

Istilah 'Blue Zone' merujuk pada wilayah yang penduduknya memiliki angka harapan hidup lebih panjang dibandingkan dengan wilayah lain. Diyakini, kondisi ini terjadi karena warga yang di sana senantiasa menjalani gaya hidup sehat.

Beberapa daerah di dunia yang termasuk Blue Zone adalah Okinawa (Jepang), Icaria (Yunani), Loma Linda (Amerika Serikat), Nicoya (Kosta Rika), Sardinia (Italia), dan Singapura yang menjadi anggota terbaru.

Menurut penelitian, penduduk di wilayah ini memiliki beberapa kebiasaan gaya hidup sehat seperti intermittent fasting, pola makan nabati, hidup aktif, hidup dengan tujuan, dan ikatan kekeluargaan yang besar. Kepala klinik kecantikan Face The Future di Inggris Kimberly Medd mengatakan pola hidup warga Blue Zone juga baik untuk kesehatan kulit.

"Pancaran awet muda dan kesehatan luar dan dalam adalah inti dari Blue Zone. Warga Blue Zone cenderung memiliki garis-garis dan kerutan halus," ucap Medd dikutip dari Mindfood, Selasa (23/1/2024).

Ahli mengatakan tak mengherankan saat ini sudah mulai banyak produk perawatan kulit yang memasukkan bahan-bahan yang banyak digunakan warga Blue Zone. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang menjadi resep awet muda dari warga Blue Zone:

Kunyit
Kunyit dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan antioksidan. Medd mengatakan kunyit tidak hanya bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

"Sifat anti inflamasi dan antioksidannya melindungi kulit dari efek penuaan dan membuatnya tampak awet muda lebih lama. Menenangkan kulit yang merah dan teriritasi, serta mencerahkan kulit secara alami sehingga membuat kulit kusam tampak segar dan bercahaya," katanya.

Mugwort
Tanaman mugwort dipercaya bisa mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Mugwort memiliki sifat restoratif yang mempercepat proses penyembuhan luka dan membuat kulit kembali halus dan bersih.

"Bahan ini dapat membantu mengurangi noda kemerahan dan peradangan akibat noda serta meredakan rosacea, penyakit kulit kemerahan disertai bintik menyerupai jerawat," jelas Medd.

Kopi Hijau
Kopi hijau berasal dari biji kopi yang tidak dipanggang dan mengandung lebih banyak klorogenat. Kopi hijau memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi 70 kali lipat dibandingkan dengan kopi biasa.

"Antioksidannya melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya seperti debu, kotoran, polusi, dan paparan sinar matahari yang menyebabkan kerutan dan flek hitam. Kopi itu kaya akan asam lemak termasuk asam linoleat dan oleat, yang membantu melembabkan kulit kering," ungkapnya.

Zaitun
Zaitun kaya akan asam lemak yang dapat membantu memberi nutrisi untuk kulit. Konsentrasi polifenol yang tinggi dalam zaitun juga baik untuk memperkuat kulit.

"Zaitun mengandung asam lemak yang membantu memulihkan dan menutrisi kulit. Mereka juga memiliki konsentrasi polifenol tinggi yang memperkuat dan membentengi kulit," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apa Sih yang Bikin Warga Blue Zone Awet Muda? Ternyata Ini Resepnya"