Hagia Sophia

01 January 2024

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Pengidap Penyakit Ginjal

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Marcela Ruth Romero

Makanan untuk pengidap penyakit ginjal harus diperhatikan dengan sangat seksama. Pasalnya, orang yang mengidap penyakit ginjal harus mulai membatasi asupan-asupan tertentu agar kondisinya tidak semakin parah.

Penyakit ginjal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gangguan pada ginjal. Umumnya, penyakit ginjal menyebabkan organ tersebut tidak mampu menjalankan fungsi menyaring dan membersihkan kotoran dari dalam tubuh dengan optimal. Akibatnya, sisa-sisa makanan yang harusnya dikeluarkan malah menumpuk di dalam tubuh dan memicu penyakit.

Pada pengidap penyakit ginjal, ada beberapa asupan yang harus mulai dibatasi. Sebab, asupan-asupan tersebut sulit untuk disaring oleh ginjal yang sudah mengalami kerusakan. Adapun asupan tersebut antara lain:
  • Sodium atau garam
  • Kalium atau potasium
  • Fosfor
  • Protein
Karenanya, pengidap penyakit ginjal harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung nutrisi di atas. Lantas, apa saja rekomendasi makanan yang baik untuk pengidap penyakit ginjal?

Makanan untuk Pengidap Penyakit Ginjal

Kembang Kol
Kembang kol, atau yang dalam bahasa Inggris disebut cauliflower, adalah salah satu sayuran 'super' bagi pengidap penyakit ginjal. Kembang kol mengandung vitamin C yang tinggi, folat, serta serat. Selain itu, kembang kol juga mengandung senyawa-senyawa seperti indole, glucosinolates, dan thiocyanates yang dapat membantu ginjal menetralisir zat racun yang bisa menyerang sel tubuh.

Kubis
Sama seperti kembang kol, kubis termasuk sayuran 'superfood' bagi pengidap penyakit ginjal. Selain kaya akan vitamin C, K, B6, folat, dan serat, kubis juga mengandung zat bernama phytochemical yang dapat memecah radikal bebas sebelum molekul tersebut menimbulkan kerusakan pada sel tubuh.

Tak hanya itu, phytochemical juga dapat melindungi sel dari berbagai kerusakan yang bisa memicu kanker, serta memelihara kesehatan sistem kardiovaskular. Seperti yang diketahui, penyakit ginjal dan kardiovaskular saling berkaitan dan bisa memengaruhi satu sama lain.

Daging Ikan
Meski harus membatasi protein, bukan berarti pengidap penyakit ginjal harus benar-benar berhenti mengonsumsi asupan ini. Sebab, protein dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan menunjang pembentukan hormon.

Salah satu sumber protein yang dianjurkan untuk pengidap penyakit ginjal adalah daging ikan. Selain mengandung protein yang dibutuhkan tubuh, daging ikan juga tidak memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh sehingga lebih aman dikonsumsi ketimbang daging merah.

Putih Telur
Selain daging ikan, sumber protein lain yang bisa dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal adalah putih telur. Adapun keunggulan putih telur sebagai sumber protein adalah karena kandungan fosfornya yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal.

Perlu diingat, pengidap penyakit ginjal hanya dianjurkan mengonsumsi putih telur saja. Pasalnya, bagian kuning telur memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi sehingga bisa membahayakan bagi pengidap penyakit ginjal.

Bawang Putih
Makanan untuk pengidap penyakit ginjal lainnya adalah bawang putih. Bawang putih merupakan alternatif pengganti garam yang bisa digunakan untuk memberikan rasa pada makanan.

Selain sebagai bumbu, bawang putih juga mengandung beragam zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Nanas
Bagi pengidap penyakit ginjal yang ingin makan yang manis-manis, buah nanas bisa menjadi salah satu pilihan yang menyehatkan. Sebab, nanas termasuk buah dengan kandungan kalium, sodium, dan fosfor yang rendah, sehingga aman bagi pengidap penyakit ginjal.

Tak hanya itu, nanas juga kaya akan vitamin A, serta enzim bromelain yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Buah Beri
Kandungan antioksidan yang ada dalam beri-berian, seperti stroberi, bluberi, raspberi, dan cranberi, membuatnya menjadi 'superfood' yang sangat dianjurkan untuk pengidap penyakit ginjal. Misalnya, anthocyanin yang ada dalam stroberi dan raspberi dapat melindungi struktur sel dalam tubuh dan mencegah kerusakan akibat stres oksidatif.

Di sisi lain, blueberi kaya akan anthocyanidin yang dapat mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Sementara, cranberi dapat melindungi perut dan kandung kemih dari infeksi bakteri, serta membantu melancarkan sistem pencernaan.

Minyak Zaitun
Selain sebagai alternatif untuk memasak, minyak zaitun juga memiliki kandungan yang baik bagi pengidap penyakit ginjal. Minyak zaitun kaya akan asam oleat, yakni asam lemak yang bersifat antiinflamasi sehingga bisa membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Khasiat ini turut ditunjang oleh zat antioksidan dan polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Pengidap Penyakit Ginjal"