Hagia Sophia

01 January 2024

Beberapa Jus Ini Efektif Turunkan Kadar Gula Darah

Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos

Bagi pengidap diabetes atau orang yang punya masalah dalam gula darah tinggi, minuman soda, teh manis, atau minuman dengan gula tinggi perlu dihindari.

Selain air putih, ada berbagai pilihan minuman/jus yang baik juga bisa memberi manfaat agar gula darah cepat turun.

Jus buah dan jus sayur adalah minuman yang bisa menurunkan gula darah, sehingga cocok diminum penderita diabetes. Berikut ini daftar jus untuk menurunkan gula darah yang bisa diminum oleh penderita diabetes.

Jus untuk Menurunkan Gula Darah

Berikut merupakan pilihan jus untuk menurunkan gula darah untuk penderita diabetes:

1. Jus Tomat
Sebuah uji coba kecil terkontrol secara acak pada tahun 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, dari hasil evaluasi 25 wanita sehat yang 30 menit sebelum makan, meminum sekitar 7 ons jus tomat mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan dibandingkan sebelum dengan minum air biasa.

Dalam hal ini, kandungan serat dalam tomat bisa membantu memperlambat pencernaan. Sehingga, bisa memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi sesudah makan.

2. Jus Sayur/Smoothie Sayuran Hijau
Dikutip dari laman Healthline, smoothie hijau atau jus sayur seperti bayam, kangkung, dan seledri bisa menjadi minuman yang sehat untuk menurunkan gula darah.

Jus sayur ini akan menambahkan serat dan nutrisi tambahan ke dalam makanan, sambil tetap terhidrasi. Kamu juga memadukan jus ini dengan bubuk protein dan sedikit buah agar lebih menyehatkan.

3. Jus Lemon (Lemonade)
Jus limon bebas gula yang dibuat sendiri, merupakan minuman rendah karbohidrat yang menyegarkan. Agar tidak terasa asam, kamu bisa menambahkan perasan lemon dengan es dan pemanis bebas gula seperti stevia (bahan pemanis nol kalori).

4. Jus Jeruk Bali
Jeruk bali tanpa pemanis bisa dijadikan jus untuk menurunkan gula darah, karena memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan kebanyakan jus buah lainnya.

5. Jus Delima
Dilansir laman Health Match yang telah Ditinjau secara medis oleh Dr Dina Elsalamony, MD, MScPH, jus delima menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes, karena mengandung banyak vitamin C, serat, folat, dan potasium dengan indeks glikemik yang rendah.

Selain itu, jus ini juga kaya jenis antioksidan tertentu. Sebuah penelitian melaporkan jus ini bermanfaat dalam mengendalikan diabetes dan beberapa komplikasinya.

6. Jus Wortel
Wortel mengandung beberapa mineral, vitamin, dan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Walaupun wortel juga terasa manis, namun ia bisa membantu mengatur kadar glukosa darah.

Meskipun memiliki indeks glikemik rendah, penting untuk membatasi porsi jus ini Dalam jumlah sedang mengkonsumsi jus wortel tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

7. Jus Sayur dan Berry
jus untuk menurunkan gula darah yang bisa dicoba adalah jus dengan campuran sayuran (sayuran berdaun, mentimun, atau seledri) dengan aneka buah beri yang berbeda.

Selain, kaya akan vitamin dan mineral jus ini juga sisa memberi aroma yang khas. Namun, pastikan kamu mencatat dan menghitung buah beri sebagai bagian dari total karbohidrat ya.

Meminum jus untuk menurunkan gula darah yang dibuat sendiri seringkali menjadi ide yang lebih baik, daripada membeli jus di luar. Pasalnya, jus yang dibeli di toko kebanyakan mengandung beberapa bahan dan pemanis tambahan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Jus untuk Menurunkan Gula Darah bagi Pengidap Diabetes"