Hagia Sophia

01 January 2024

Tips untuk Atasi Kolesterol Tinggi Usai Konsumsi Daging di Malam Tahun Baru

Cara mengatasi kolesterol tinggi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Manuta)

Acara bakar-bakaran daging atau pesta barbeque di malam tahun baru bisa memicu kolesterol tinggi. Ada banyak cara mengatasi kolesterol tinggi agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Memang, makan daging di malam tahun baru sah-sah saja. Hanya saja, suasana perayaan tahun baru sering membuat orang-orang 'kalap' dan mengonsumsi daging secara berlebihan.

Padahal, terlalu banyak mengonsumsi daging bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Jika kolesterol terlalu tinggi, maka dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, mulai dari darah tinggi hingga serangan jantung.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi kolesterol tinggi, khususnya bagi orang-orang yang kalap makan daging saat malam tahun baruan. Apa saja tipsnya?

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

1. Batasi Asupan Lemak Jenuh
Salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi usai kalap makan daging tentunya dengan membatasi konsumsi daging selama beberapa hari ke depan. Daging merah, seperti daging sapi dan kambing, merupakan makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi sehingga dapat memicu kenaikan kolesterol.

Karena itu, jika memang sudah kelewat kalap makan daging saat malam tahun baruan, maka sebisa mungkin batasi konsumsi daging untuk beberapa hari ke depan agar kolesterol dalam tubuh semakin tidak menjadi-jadi. Sebagai alternatif, bisa dengan mengonsumsi daging ikan yang kaya akan protein dan tentunya rendah lemak jenuh.

Selain daging, jauhi pula makanan lain yang bisa memicu kenaikan kolesterol, seperti kuning telur dan gorengan.

2. Ganti Minyak Goreng dengan Minyak Zaitun
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lemak jenuh dapat memicu kenaikan kolesterol dalam tubuh. Salah satu sumber lemak jenuh yang sering dikonsumsi sehari-hari adalah minyak goreng.

Umumnya, minyak goreng memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan lemak inilah yang sebenarnya memberikan rasa pada masakan. Tapi di saat yang sama, lemak dalam minyak goreng juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh.

Sebagai alternatif, gunakanlah minyak zaitun sebagai pengganti minyak untuk menggoreng. Selain rendah lemak, minyak zaitun juga kaya akan asam oleat, antioksidan, serta polifenol yang dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

3. Konsumsi Makanan Berserat
Memperbanyak konsumsi makanan berserat juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi usai kalap makan daging. Serat dapat mengikat lemak pada proses pencernaan, sehingga mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, sehingga mencegah kenaikan kolesterol.

Serat dapat dengan mudah diperoleh dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, oatmeal, dan masih banyak lagi.

4. Setop Merokok
Merokok memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kolesterol. Rokok, baik yang biasa maupun elektrik, memiliki kandungan nikotin dan zat-zat kimia lain yang bisa bisa menurunkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL), serta meningkatkan kolesterol LDL dalam tubuh. Seiring waktu, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan penumpukan plak pada pembuluh darah, yang berujung pada kondisi serius seperti serangan jantung atau stroke.

5. Berolahraga
Selain untuk menurunkan berat badan, berolahraga juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Dikutip dari laman Healthline, olahraga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL, yang mana sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

Berolahraga pun tidak perlu dengan melakukan latihan yang berat. Cukup dengan berolahraga ringan 30 menit sehari, lima kali dalam seminggu, atau aerobik intens 20 menit sehari, tiga kali seminggu, sudah memberikan dampak yang signifikan dalam menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Usai Kalap Makan Daging di Malam Tahun Baru"