Hagia Sophia

01 January 2024

Ini Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Minum air putih saat bangun tidur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Memastikan cukup minum air putih adalah salah satu langkah baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Air merupakan nutrisi penting yang tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Tubuh membutuhkan air untuk melumasi sendi, mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan mengeluarkan limbah melalui urine dan keringat. Salah waktu paling tepat untuk memenuhi kebutuhan air adalah pagi hari ketika baru bangun tidur. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini adalah manfaat minum segelas air putih saat baru bangun tidur dikutip dari Real Simple:

Menghidrasi Setelah Semalaman Tanpa Air
Tubuh akan secara alami berada dalam kondisi dehidrasi ketika pagi hari. Minum air putih saat bangun tidur dapat membantu mengatasi hal tersebut.

"Minum air ketika Anda bangun akan mengisi kembali cairan yang hilang, termasuk cairan yang mungkin hilang di malam hari," ucap dokter William W Li, MD.

Hal ini terutama jika semalam tidur dengan mulut yang terbuka atau ruangan yang cenderung hangat. Mengonsumsi alkohol di malam harinya juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi ketika bangun tidur.

Merangsang Metabolisme
Minum air yang cukup pada setiap waktu dapat merangsang metabolisme tubuh. Dokter Li mengatakan manfaat ini khususnya bisa didapatkan dari air dingin.

"Air dingin memicu tubuh Anda untuk mengaktifkan mekanisme yang disebut termogenesis yang diaktifkan dingin. Ini berarti tubuh Anda menghangatkan air dengan mengaktifkan metabolisme sebanyak 30 persen selama sekitar satu jam," ujar Dokter Li.

Meningkatkan Energi
Direktur medis Case Integrative Health Casey Kelly, MD, ABoIM mengatakan bahwa memulai hari dengan minum air dingin dapat membangunkan lebih cepat. Bagaimanapun dehidrasi yang terjadi dapat membuat tubuh menjadi lebih lelah dan pusing.

Mengisi ulang segelas air di pagi hari dapat membantu mencegah hal ini dengan mendorong proses rehidrasi. Proses rehidrasi memastikan jaringan dan organ mendapatkan cairan yang dibutuhkan secepatnya.

Meningkatkan Kinerja Mental
Dokter Kelly mengatakan bahwa mengonsumsi air putih di pagi hari dapat memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas sepanjang hari. Ia menuturkan dehidrasi juga dikaitkan dengan kabut otak dan sakit kepala.

"Bahkan dehidrasi ringan pun dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi jangka pendek. Jadi jika Anda tetap ingin fokus, minumlah segelas air," ujarnya.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Dokter Kelley mengatakan minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Tetap terhidrasi dengan baik bermanfaat untuk meringankan sembelit dan efek samping dehidrasi yang ringan.

"Air hangat khususnya berpotensi memecah makanan yang Anda makan lebih cepat dibandingkan dengan air dingin," ujar Dokter Kelly.

Oleh karena itu, menurutnya jika seseorang rentan mengalami sembelit, minum air putih saat bangun tidur dapat memulai proses rehidrasi dan melancarkan pencernaan dengan lebih cepat.

Mengurangi Rasa Lapar
Minum segelas air di pagi hari dapat membantu mengurangi rasa lapar yang dikaitkan dengan penurunan berat badan. Berdasarkan penelitian di tahun 2018, minum air di pagi hari dapat meredam rasa lapar hingga berpotensi meredakan perut keroncongan.

"Hal ini sangat umum terjadi, bingung antara rasa haus dan lapar, jadi tetap terhidrasi dapat mengurangi keinginan Anda untuk ngemil atau makan berlebihan, padahal Anda sebenarnya tidak lapar," pungkas Dokter Kelly.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Masih Sering Ke-skip, Sedahsyat Ini Efek Minum Segelas Air saat Bangun Tidur"