Hagia Sophia

21 March 2024

Dokter Berikan Tips Agar Tidak Kalap Saat Buka Puasa

Ilustrasi berburu takjil untuk buka puasa. (Foto: Ari Saputra)

Salah satu permasalahan yang kerap dihadapi seseorang ketika berbuka puasa adalah sulit mengontrol diri sehingga terlalu kalap saat makan. Makan berlebihan tentu saja dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Lantas bagaimana sih cara yang tepat untuk menghindarkan diri dari rasa kalap? Pengajar Prodi Kedokteran Keluarga FKUI dr Marinda Asiah Nuril Haya, MMed Sci, PhD mengatakan otak manusia memang memiliki kecenderungan untuk menjadi konsumtif saat lapar.

Ia menuturkan kondisi ini tidak hanya terjadi pada saat berbelanja makanan, melainkan belanja pada umumnya.

"Jadi memang otak kita itu punya kecenderungan untuk lebih konsumtif ketika kita lapar. Dan ini nggak hanya berlaku untuk makanan. Semua jenis belanjaan termasuk baju ya itu kita akan lebih kalap dalam kondisi kita lagi lapar," ucap dr Nuril ketika berbincang dengan detikcom.

Oleh karena itu, pada saat puasa dr Nuril mengimbau masyarakat untuk mengetahui kapasitas tubuh. Apabila terlanjur membeli makan terlalu banyak, ada baiknya konsumsi makan dilakukan secara bertahap.

"Kalau misalnya kita keburu kalap nih beli kolak, beli biji salak, dan es buah gitu segala macam upayakan untuk jangan dimakan semua dulu. Makan satu dulu, terus habis itu makan kurma yang berserat gitu ya," kata dr Nuril.

"Kasih waktu untuk tubuh bereaksi dulu terhadap gula yang masuk," sambungnya.

dr Nuril menuturkan otak membutuhkan waktu untuk mendapatkan 'sinyal' dari tubuh apabila ada makanan masuk hingga memunculkan rasa kenyang. Jika langsung makan dalam jumlah banyak, risiko untuk mengalami kekenyangan hingga ngantuk juga akan semakin besar.

Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kualitas ibadah selama bulan puasa.

"Makan kecil-kecil dulu nunggu salat Magrib. Habis itu mulai makan besarnya dari yang berserat dulu sayur atau buah-buahan. Kalau sudah masuk serat itu kan lambung kita sudah mulai terisi itu sehingga dia mulai memunculkan sinyal ke otak bahwa ini sudah mulai terisi nih sudah mulai penuh," pungkas dr Nuril.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Spill Tips Simpel Biar Nggak Kalap Makan saat Berbuka Puasa"