Hagia Sophia

21 March 2024

Benarkah Kumur-kumur Bisa Redakan Sakit Gigi? Ini Kata Pakar Kesehatan

Tips dari dokter agar kumur air garam bisa meredakan sakit gigi. (Foto: iStock)

Sakit gigi menjadi masalah yang kerap tidak tertahankan hingga bisa mengganggu aktivitas. Kondisi ini umumnya terjadi karena ada masalah pada gigi dan mulut, sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat dan konstan.

Penyebab sakit gigi bisa beragam, seperti karena gigi berlubang, gigi retak, masalah pada gusi, infeksi bakteri, dan lain-lain. Sakit gigi ini tidak hanya menyebabkan rasa nyeri, tetapi bisa membuat area rahang membengkak, menyebabkan bau mulut, sakit kepala, hingga demam.

Untuk meredakan sakit gigi, orang-orang sejak dulu percaya bisa dengan berkumur air garam. Benarkah begitu?

drg Alana Aluditasari, SpKGA, menjelaskan air garam memang memiliki sifat antiseptik atau antibakteri. Cara ini bisa dilakukan untuk mengobati luka di mulut atau sariawan hingga sakit gigi.

"Berkumur dengan air garam itu sifatnya meringankan karena dia ada sifat antibakteri atau antiseptik. Supaya si sariawannya nggak makin parah," jelas drg Alana, ditemui di sela media briefing di Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

"Ini juga bisa untuk meringankan sakit gigi. Kalau misalnya memang ada gigi berlubang dan belum bisa ke dokter atau beli obat, bisa pakai air garam ini," sambungnya.

drg Alana mengungkapkan berkumur dengan air garam ini hanya berfungsi untuk meringankan gejala atau rasa sakit pada gigi. Bahkan, beberapa penelitian juga menyebut bahwa air garam ini semacam antiseptik untuk menghilangkan bakteri di gigi.

Untuk membuatnya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu, gunakan untuk berkumur saat gigi terasa sakit atau sedang sariawan.

"Pakai air hangat ya. Untuk meringankan sakitnya, kumur pakai air garam ini bisa dilakukan tiga kali sehari. Ini jadi semacam penanganan darurat untuk sakit gigi kalau tidak bisa langsung ke dokter atau minum obat," jelas drg Alana.

Selain berkumur dengan air garam, berikut beberapa cara alami lainnya yang bisa meringankan sakit gigi secara alami:

1. Kompres dingin
Dikutip dari Medical News Today, kompres dingin atau kompres es bisa membantu meringankan sakit gigi. Terlebih jika sakit gigi disebabkan oleh cedera atau gusi bengkak.

Caranya, bisa dengan memegang kompres es pada bagian luar pipi di atas gigi yang sakit selama beberapa menit.

Kompres dingin ini berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah, sehingga memperlambat aliran darah ke daerah yang sakit. Hal ini membantu menghilangkan rasa sakit, mengurangi pembengkakan, dan peradangan.

2. Bawang putih
Sejak dulu, bawang putih ternyata dipercaya sebagai obat sakit gigi. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang berfungsi sebagai antiseptik atau antibakteri yang kuat.

Caranya, cukup hancurkan satu siung bawang putih segar dan dicampurkan dengan sedikit garam. Bisa gunakan campuran tersebut untuk dioleskan pada gigi yang sakit.

3. Teh peppermint
Teh peppermint juga bisa menjadi obat sakit gigi yang ampuh. Sifat menenangkan dari peppermint ini membantu menenangkan rasa sakit pada gigi.

Untuk menggunakannya, seduh kantong teh peppermint dengan air panas. Setelah kantong teh sudah tidak terlalu panas, tempelkan secara perlahan pada gigi dan gusi yang terasa sakit.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kumur-kumur Air Garam Ternyata Bisa Redakan Sakit Gigi, Begini Tips dari Dokter"