Hagia Sophia

08 April 2024

Beberapa Obat Wasir Alami dan Medis yang Dijual Bebas

Foto: Ilustrasi wasir (thinkstock)

Wasir biasanya bisa membaik dengan sendirinya. Tapi, gejalanya seperti gatal, bengkak, dan nyeri mungkin akan menimbulkan rasa tidak nyaman.'

Wasir bisa terjadi di dalam anus dan di sekitarnya. Kondisi ini biasanya terjadi karena ada tekanan berlebihan pada pembuluh darah di area anus. Lantas, apa saja obat wasir yang dapat ditemui?

Obat Wasir Medis dan Alami

Wasir bisa diatasi dengan obat yang dijual bebas atau menggunakan bahan alami. Berikut beberapa di antaranya:

1. Analgesik
Obat penghilang rasa sakit di antaranya seperti aspirin, ibuprofen dan acetaminophen. Mengutip Medical News Today, ketiga obat ini bisa membantu meringankan nyeri wasir.

2. Seng Oksida
Krim yang mengandung zinc oxide atau seng oksida dapat membantu mengatasi iritasi. Mengutip Healthmatch, obat dengan kandungan ini akan bekerja membentuk pelindung di sekitar anus. Sehingga penderita wasir bisa buang air besar tanpa rasa sakit.

3. Lidokain
Lidokain bertindak sebagai anestesi lokal. Krim yang menggabungkan sukunosida anti inflamasi (Glyvenol) dengan lidokain membantu memperbaiki gejala nyeri dan gatal akibat wasir.

4. Krim Steroid
Kortikosteroid adalah golongan obat yang bisa mengurangi peradangan. Namun, obat ini bisa merusak kulit jika digunakan dalam waktu lama.

5. Makanan Berserat
Diet tinggi serat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi wasir. Pola makan yang mencakup banyak makanan berserat tinggi bisa membantu membuat kotoran lebih mudah dikeluarkan.

6. Suplemen Serat
Jika tidak mendapat cukup serat dari makanan, direkomendasikan suplemen serat dengan psyllium atau methylcellulose. Jangan mengkonsumsi obat pencahar, sebab bisa menyebabkan diare dan iritasi.

7. Air Putih
Pastikan tetap terhidrasi untuk membantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS merekomendasikan orang dewasa untuk minum 12-16 gelas setiap hari.

8. Lidah Buaya
Gel lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa gatal. Mengutip laman Fakultas Kedokteran UMSU, oleskan gel lidah buaya ke area yang sakit karena wasir beberapa kali sehari.

9. Daun Kemangi
Daun kemangi mempunyai sifat anti inflamasi dan bisa membantu mengurangi gejala wasir. Konsumsi daun kemangi segar secara teratur atau minum dalam bentuk teh.

10. Kunyit
Kunyit menjadi obat wasir alami lainnya. Rempah ini mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kamu bisa mengkonsumsi kunyit dalam bentuk makanan atau tambahkan dalam minuman herbal.

11. Bawang Putih
Bawang putih dikenal bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi peradangan, sebagai antibiotik alami, menurunkan kolesterol dan meningkatkan antioksidan alami. Menurut laman Kabupaten Kebumen, bawang ini juga memiliki efek penting dalam penyembuhan ambeien, yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi tekanan darah.

Kamu bisa mengonsumsi pil bawang putih dan dibarengi dengan krim yang diolesi ke bagian yang sakit. Untuk wasir yang berdarah, jangan gunakan bawang putih, sebab bisa memperburuk kondisi yang sudah ada.

Itulah beberapa obat wasir yang dapat dikonsumsi dan dioleskan ke bagian yang sakit. Jangan lupa untuk bersihkan anus dengan air hangat saat mandi atau berendam setiap hari. Tapi, jangan menggunakan sabun karena bisa memperparah wasir. Sebelum mengkonsumsi obat medis yang disebutkan, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter ya detikers.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Obat Wasir Medis dan Alami, Analgesik hingga Lidah Buaya"